Dosen JPTE FT-UNM Melatih Masyarakat Membuat Mesin Penetas Telur Tenaga Listrik

0
32
views
Ayam hasil penetasan mesin penetas buatan masyarakat mitra di desa Lebang Manai Kec. Rumbia Kab. Jeneponto

Apakabarkampus.com – Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (JPTE FT-UNM) melatih masyarakat membuat mesin penetas telur bertenaga listrik pada program kemitraan masyarakat (PKM).

Program kemitraan masyarakat ini terdiri Zulhajji, S.T., M.T sebagai Ketua Tim Pelaksana dan Drs. Syarifuddin Kasim, M.T sebagai Anggota Tim Pelaksana. Program kemitraan ini menggandeng kelompok Peternak Ayam Kampung Turatea pada Desa Lebang Manai Kec. Rumbia Kab. Jeneponto. Dan kegiatan PKM dilakukan selama kurang lebih 1(satu) Tahun.

Zulhajji selaku ketua tim pelaksana mengatakan dengan mengajarkan pembuatan serta penggunaan alat penetas telur ayam diharapkan masyarakat setempat punya mata pencaharian yang lain dan tidak mengandalkan bertani.

“PKM ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk setempat. Karena mayoritas penduduk hanya berkebun yang mengandalkan air hujan saja. Padahal lokasi tersebut berpotensi untuk berternak ayam kampung sebagai alternatif mata pencaharian” tuturnya.

Mesin Penetas Ayam Kampung Hasil Buatan masyarakat mitra PKM

Ia pun berharap agar alat penetas telur ayam ini dikembangkan dan menjadikan lokasi tersebut sebagai desa binaan.

“harapannya tentu agar perkembangan alat ini tidak sebatas penetasan saja tapi mampu untuk pemeliharaan anak ayam. Dan lokasi tersebut bisa menjadi desa binaan” harapnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here