Manfaatkan TIK dalam Pembelajaran Interaktif, Dosen JPTE FT UNM Melatih Guru Sekolah PAUD

0
20
views
Ketua pelaksana Udin Sidik Sidin saat memberikan pelatihan pembelajaran interaktif kepada Guru PAUD di salah satu Sekolah Mitra yaitu TK. Mahsar Sero Gowa, pada Sabtu (26/5/2018). (Foto: Garis-tengah.com).

Gowa, Apakabarkampus.com – Manfaatkan TIK dalam pembelajaran interaktif dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (JPTE FT-UNM) melatih guru sekolah PAUD.

Kegiatan ini merupakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang melibatkan beberapa orang teknisi dari kalangan mahasiswa dan dari pihak sekolah. Adapun ketua pelaksana PKM, Udin Sidik Sidin, S.Pd., MT dan Ir. H. Ahmad Wahyuddin Rauf, M.Pd.

Program ini dilaksanakan pada bulan Mei 2018, di dua sekolah mitra yaitu TK. Mahsar Sero dan TK. Nurul Mujahidah Kabupaten Gowa.

Pada kegiatan ini diberikan pelatihan tentang cara mendesain multimedia pembelajaran interaktif yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar di kedua sekolah mitra. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan PKM ini adalah multimedia pembelajaran interaktif yang dapat digunakan di sekolah mitra yang mengasuh anak-anak usia dini.

Udin Sidik Sidin mengatakan kegiatan PKM ini sangat bermanfaat bagi guru-guru karena mereka nantinya dapat membuat media pembelajaran sendiri dari hasil pelatihan ini.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru di TK tersebut. Karena nantinya mereka dapat membuat pembelajaran yang lebih interaktif.” Ujarnya ketua pelaksana sekaligus Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNM.

Foto bersama dosen JPTE FT UNM dengan peserta pelatihan setelah kegiatan pembelajaran interaktif di TK. Mahsar Sero Gowa, pada Sabtu (26/5/2018). (Foto: Garis-tengah.com).

Kepala Sekolah dari kedua mitra mengungkapkan mereka sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan pelatihan ini karena dapat memperoleh tambahan ilmu pengetahuan tentang cara mendesain sebuah multimedia pembelajaran juga dapat menumbuhkan minat belajar yang tinggi bagi anak-anak PAUD di sekolah mereka.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami utamanya guru-guru karena selama ini kami belum memanfaatkan sarana TIK dalam mendesain multimedia interaktif yang digunakan dalam proses belajar mengajar dan sangat luar biasa kegiatan yang dilakukan karena sesuai kebutuhan guru PAUD tentang pengembangan dirinya,dapat memberikan motivasi kepada guru pemula mengoperasikan IT dengan santai.” Ungkap Kepala Sekolah mitra.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here