Dosen JPTE FT UNM Terapkan Lampu Celup Guna Membantu Nelayan Cumi Barrang Caddi

0
7
views
Penggunaan lampu celup untuk penangkapan cumi di Barrang Caddi. (Foto: Ist).

Makassar – Apakabarkampus.com, Dosen JPTE FT UNM terapkan lampu celup guna membantu nelayan cumi Barrang Caddi. Kegiatan ini dilakukan di kelurahan Barrang Caddi kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar.

Kegiatan tersebut merupakan pengabdian kepada masyarakat salah satu dari tridarma perguruan tinggi dan suatu kewajiban untuk dilakukan seorang apartur sipil negara (ASN) tenaga pengajar di perguruan tinggi.

Pengabdian ini dilakukan oleh dosen Pendidikan Teknik Elektro yaitu Dr. Satria Gunawan Zain, M.T dan Abd. Rahman Patta, S.Kom, M.T. yaitu penerapan lampu celup untuk membantu nelayan barrang Caddi dalam menangkap cumi.

Satria Gunawan mengatakan pengabdian ini dilatar belakangi oleh kondisi nelayan barrang caddi yang terbatas dalam penggunaan teknologi dan hanya tergantung pada kondisi alam.

“Operasi penangkapan cumi terbatas pada kondisi tertentu yaitu saat terjadi bulan purnama atau saat kondisi terang bulan dan sulit mendapatkan cumi untuk kondisi langit gelap atau cahaya bulan tertutupi. Untuk membuat laut tetap terang dan tidak lagi tergantung pada alam maka pengabdi memberikan sumbangan teknologi lampu celup bertenaga surya kepada nelayan cumi pulau barrang caddi.” Katanya.

Lanjut dijelaskan nelayan tidak hanya diberikan teknologi tersebut namun juga diberikan semacam pelatihan-pelatihan.

“Selain diberikan teknologi tersebut nelayan pun diberikan pelatihan pembuatan pembuatan lampu celup, intralasi pembangkit listrik tenaga surya.” Jelasnya.

Penggunaan lampu celup ini memberikan dampak yang baik dengan meningkatnya hasil tangkapan kelompok nelayan cumi hingga 120% dalam sebulan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here