Dosen PTIK FT UNM Latih Nelayan Barrang Caddi Menggunakan Teknologi Penangkapan Ikan

0
15
views
Proses penggunaan teknologi penangkapan ikan (Deeper pro) bersama nelayan di Barrang Caddi Kecamatan Sangkarrang Kota Makassar. (Foto: Ist).

Makassar – Apakabarkampus.com, Dosen Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (PTIK FT UNM) latih nelayan Barrang Caddi menggunakan teknologi penangkapan ikan. Kegiatan tersebut dilakukan di Barrang Caddi  Kecataman Sangkarrang Kota Makassar.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu kewajiban dosen dalam menjalankan fungsi tridarma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Adapun dosen PTIK FT UNM yang turut berpartisipasi yaitu Fathahilla, S.Pd., M.Eng dan Zulhajji, S.T., M.T.

Fathahilla mengatakan pulau barrang caddi dijadikan sasaran karena kelompok nelayan yang menjadi mitra kegiatan masih sangat minim dalam menggunakan teknologi penangkapan ikan seperti radar ikan.

“Kelompok nelayan di Barrang Caddi dipilih menjadi lokasi pengabdian karena mereka masih minim dalam menggunakan teknologi penangkapan ikan seperti radar ikan.” Katanya.

“Kelompok nelayan tangkap di pulau Barrang caddi dilatih penggunaan radar ikan untuk mendeteksi keberadaan ikan di dalam laut serta penggunaan peta GPS untuk pemetaan daerah penangkapan serta penyimpanan histori penangkapan ikan.” Lanjut dosen yang kerap disapa Pak Ilo.

Teknologi penangkapan ikan (Deeper pro) yang digunakan dalam kegiatan PKM di Barrang Caddi Kecamatan Sangkarrang Kota Makassar. (Foto: Ist).

Teknologi penangkapan ikan yang dimaksud dalam pengabdian ini ialah Radar ikan (deeper pro). Selanjutnya teknologi ini disumbangkan kepada mitra.

“Radar ikan (deeper pro) setelah diajarkan penggunaannya, selanjutnya kami menyumbangkannya. Alat ini dapat terkoneksi dengan Handphone yang berfungsi sebagai monitoring keberadaan ikan disekitarnya, bukan saja jumlahnya namun juga keberdaan ikan di kedalaman tertentu dapat terpantau.” Jelasnya.

Selain fitur tersebut, alat tersebut memiliki fitur merekam setiap aktivitas penangkapan sehingga pemetaan wilayah tangkapan akan dapat dilakukan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here