Tingkatkan Produksi Ikan Tawar, Dosen JPTE FT UNM Ciptakan Pompa Air Tenaga Angin

0
10
views
proses pengelasan pada pompa air yang bertenaga angin. (Foto: Ist).

Jeneponto – Apakabarkampus.com, Sebagai upaya peningkatan produksi ikan air tawar, Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (JPTE FT UNM) ciptakan pompa air bertenaga angin, pada Minggu (12/8/2018).

PKM ini dilakukan pada kelompok budidaya sejahtera dan kelompok budidaya karya di Kecamatan Binamu Kelurahan Balang Kabupaten Jeneponto. Kegiatan sebagai wujud salah satu Tridharma perguruan tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.

Proses pembuatan pompa air yang bertenaga angin. (Foto: Ist).

Menurut Suhartono, PKM ini adalah hasil adalah konstruksi teknologi tepat guna sirkulasi air dapat meningkatkan produksi ikan, dapat mengurangi jumlah kematian ikan.

“Dengan adanya pompa air tenaga angin ini mampu melancarkan sirkulasi air sehingga meningkatkan produksi ikan, dan mengurangi jumlah kematian ikan yang rata-rata diatas 70%.” Ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa dengan menurunnya jumlah kematian ikan, hal tersebut dapat membentuk prospek pemasaran hasil ikan untuk dijual ke pasar, pemasok, dan penjual sari laut.

“Hal ini tentu menjadikan kelompok mitra bertambah keterampilan dan pengetahuan. Serta mendorong kelompok budidaya ikan air tawar untuk lebih meningkatkan pendapatan hasil ikan.” Tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here