Relawan Juga Butuh Pelatihan Jurnalistik.

0
39
views

Apakabarkampus.com PALU – Teman-teman dari Gema Pembebasan melakukan Pelatihan jurnalistik bersama Relawan Palu Islam Selamatkan Negeri yang disiapkan sebagai tim media selama di lokasi bencana. Ahad, (14/10) pukul 16.00 WITA.

Kegiatan pelatihan jurnalistik ini dilaksanakan di posko Relawan Palu yang beralamat di jl. Belibis no. 1 kota Palu.

Aji yang menjadi narasumber mengatakan yang harus dipahami dalam kaidah jurnalis ialah bagaimana keabsahan data dan rambu-rambu yang kadang diabaikan.

“Dalam kaidah jurnalis semua Responden itu adalah sama, tidak ada yang diistimewakan dalam artian penulisan titel pada nama responden tidak dibenarkan kecuali responden masuk dalam rana Akademik dan dia yang jadi narasumber di acara tersebut,” ujarnya.

Aji mengejelaskan bagaimana susunan yang perlu diperhatikan dalam penulisan sebuah berita, mulai dari data, cara mengambil data, jumlah paragraf dalam sebuah berita, pemilihan diksi dan lain lain.

Dalam pelatihan jurnalis ini Aji mengharapkan agar relawan tidak sekadar menjadi relawan melainkan juga bisa menjadi sumber berita untuk masyarakat yang butuh informasi dari lokasi bencana.

“Adik-adik Relawan Palu harus bisa menjadi relawan yang baik, bukan sekadar membantu secara fisik saja, melainkan juga dapat menjadi sumber berita yang baik, sehingga mereka bisa menjadi jurnalis yang profesional,” ungkapnya.

Suasana kegiatan pelatihan jurnalis ini berjalan dengan lancar serta diakhiri dengan do’a bersama para peserta.(*)

Rahman Adira (Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia).

Citizen Journalist : Rahman Adira

Editor : Adji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here