STIE Wira Bhakti dan PTC Gelar Talkshow Cara Mengetahui Berita Hoax atau Bukan

0
20
views

Apakabarkampus.com – Fachri Djaman yang merupakan salah satu redaktur terbaik portal media online Terkini.id menjadi narasumber di acara Talkshow PTC Goes to Campus. Senin (5/11) siang.

Kegiatan yang digelar di aula STIE Wira Bhakti ini terselenggara akibat kerjasama BEM STIE Wira Bhakti, PTC Indonesia dan Nash & ETOS Team.

Salah satu materi yang dibahas dalam kegiatan tersebut adalah ‘Hoax atau Fakta’, yang membahas tentang bagaimana membedakan antara berita hoax atau fakta.

“Kalau teman-teman dapat foto di sosial media, jangan langsung share! Tapi lihat dulu kontennya, kemudian search di google. Misalnya teman-teman dapat gambar operasi zebra di jalan Hertasning, jangan langsung di share. Sebab bisa jadi, itu adalah foto tahun lalu yang diupload kembali.” Ujar Fachri Djaman.

Beliau menambahkan bahwa setelah konten tadi disearch di google, maka lihat list paling atas, jika sudah ada tiga media yang populer memberitakan hal tersebut, maka berarti berita tersebut adalah benar.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan resiko dari penyebar atau pembuat hoax.

“Jika Anda menyebar hoax, maka Anda bisa ‘diciduk‘ oleh polisi. Karna data-data Anda, tentang dimana Anda tinggal, dimana Anda bekerja dan lain-lain, itu sudah disimpan oleh tim cyber polisi.” Tambahnya.

 

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here