Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Gelar Road Show Minat dan Budaya Baca di Sinjai

0
45
views

Apakabarkampus.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sinjai melakanakan kegiatan Road Show Pengembangan Minat dan Budaya Baca di Kabupaten Sinjai.

Kegiatan yang bertemakan “Dengan Semangat Literasi Kita Tingkatkan Kegemaran Membaca di Bumi Panrita Kitta” ini dibuka oleh Wakil Bupati Sinjai Ir. A. Kartini Ottong, M.P, Kamis (15/11) di Gedung Pertemuan Sinjai.

Dalam sambutannya sesaat sebelum membuka acara Road Show ini, Wakil Bupati menyampaikan terima kasih kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel atas penunjukan Kabupaten Sinjai sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini.

Menurutnya, Road Show ini merupakan bagian dari promosi perpustakaan dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar sepanjang masa. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi momen yang stategis untuk mendukung kegemaran membaca masyarakat dan memahami literasi dasar.

Kegiatan ini menurut Kepala Dinas Perpustakaa dan Kearsipan Kab. Sinjai, Lababa Paisal, SH, M.Pd diikuti sekitar 200 orang peserta dari berbagai elemen masyarakat, dan biaya pelaksanaannya bersumber dari APBD Prov. Sulsel.

Road Show yang dipandu oleh Drs. H. Syahruddin Umar, M.M ini menghadirkan empat nara sumber yaitu Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan Prov. Sulsel, Drs. H. A. Ahmad Saransi, M.Si, Sekda Kabupaten Sinjai Drs. Akbar, M.Si, Wakil Ketua DPRD Sinjai Drs. Jamaludin Asnawi, dan Ketua STISIP Muhammadiyah Sinjai Dr. Umar Congge dari Akademisi.

Mengawali pemaparan materinya A. Ahmad Saransi menjelaskan bahwa literasi tulis di Sinjai ini sudah mengakar sejak dahulu, buktinya di Sinjai ini banyak ditemukan naskah kuno.

Menurutnya, daerah ini juga dijuluki Panrita Kitta yang konotasinya juga mengarah ke literasi. Dalam sesi dialog road show ini juga muncul ide untuk melakukan seminar guna mengali makna yang lebih dalam dan subtansial dari kata Panrita Kitta. * (naz)

Editor : Puguh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here