Literasi Lorong Parangtambung, Dari Belgia ke Istana Negara

0
101
views

Apakabarkampus.com – Penggagas perpustakaan Lorong Parangtambung Makassar, Bachtiar Adnan Kusuma, kembali akan menerima penghargaan nasional di Jakarta. Penghargaan bergengsi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bakal diterima penggerak Literasi Sulsel ini sebagai bentuk apresiasi dari Perpustakaan Nasional atas jasa-jasa dan perannya terutama menggerakkan budaya membaca dan menulis Sulsel sejak 2002.

Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando, menilai kiprah dan peran Bachtiar Adnan Kusuma menggerakan kebiasaan membaca dan menulis di Sulsel menjadi perhatian besar kita semua.

“Kita menghargai adanya peran serta BAK terutama menggerakkan gerakan literasi di Sulsel,” papar Muhammad Syarif Bando.

Sementara itu, Karateka dari Lorong Literasi Parangtambung, Finalirin Syairil, berhasil menyabet juara kedua dalam ajang Olimpiade Karateka Internasional The Open International De Karate De La Provincie De La Provincie De Leige di Belgia, Rabu (21/11).

Finalirin sebelum berangkat ke Belgia, Koordinator BKM Parangtambung, Syarifuddin Daeng Jarre, S.E. mendampingi Finalirin menemui Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. “ Terima kasih Pak Gubernur atas dukungannya,’’ kata Daeng Jarre.

Atas prestasi anak lorong Perpustakaan Parangtambung ini, Bachtiar Adnan Kusuma memperjuangkan Finalirin agar bisa lanjut di SMA favorit di Makassar dengan tiket bebas tes. Selain BAK akan mendampingi Finalirin menemui Kadis Pendidikan Kota Makassar dan Kadis Pendidikan Sulsel, BAK juga meminta Kepsek SMP Negeri 18 Drs Guntur, M.Pd, agar prestasi International Finalirin dirayakan dalam bentuk upacara penerimaan dengan menghadirkan tokoh-tokoh masyarakat Parangtambung dan kedua orang tuanya.

“Kami mendampingi Finalirin menemui Ketua Komisi E DPRD Sulsel Drs.H.Kadir Halid kiranya beliau berkenan memberikan beasiswa atas prestasi Finalirin,” kata Bachtiar AK, Senin (26/11) di Parangtambung.

Sejumlah prestasi lahir dari Perpustakaan Lorong Parangtambung, di antaranya Ketua Relawan Perpustakaan Lorong Parangtambung, Reski Amalia Syafiin, S.H. terpilih sebagai Duta Baca Sulsel dan Alumni Terbaik Fakultas Hukum Unhas 2018, Dea Ambarwati Kusuma, aktivis Tim Bantuan Medis Unhas yang ikut serta dalam tugas medis kemanusiaan di Bencana Palu. Ketua LPM Parangtambung, Bachtiar Adnan Kusuma baru saja menerima Penghargaan Pin Emas dari Walikota Makassar untuk ketiga kalinya sebagai Tokoh Peduli Pendidikan Non Formal, sementara Pemerintah Provinsi Sulsel menyerahkan penghargaan sebagai Penggerak Literasi Sulsel, 22 November 2018 di Balai Kemanunggalan ABRI-Rakyat. Sebelumya juga BAK tercatat sebagai penerima Kabarmakassar Award 2015, Penerima Penghargaan GPMB Nasional Award 2007. *)

Editor : Puguh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here