Perpustakaan Lorong 7, Lembah Para Juara

0
80
views

Apakabarkampus.com – Siapa yang tak mengenal perpustakaan lorong Parangtambung? Perpustakaan yang berada di sebuah lorong, tepatnya lorong 7 Jl Daeng Tata 3 Parangtambung adalah perpustakaan yang digagas oleh ketua LPM Parangtambung Bachtiar Adnan Kusuma atas dukungan koordinator BKM Syarifuddin Daeng Jarre dan Lurah Parangtambung, Yudhistira, setahun enam bulan lalu yang diresmikan Walikota Makassar, Danny Pomanto dihadiri 1.000 orang tokoh-tokoh masyarakat.

Di perpustakaan lorong inilah lahir Duta Baca Sulawesi Selatan, Reski Amalia Syafiin, S.H. Alumni terbaik Fakultas Hukum Unhas 2018 yang juga ketua relawan perpustakaan lorong Parangtambung terpilih sebagai Duta Baca Sulsel mengalahkan 23 kabupaten kota di Sulsel. Reski dikukuhkan sebagai Duta Baca Sulsel oleh Dirjen Otoda Depdagri Sumarsono bersama Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando.

Dea Ambarwati Kusuma, aktivis Tim Bantuan Medis Fakultas Kedokteran Unhas, tercatat sebagai mahasiswi tercepat menyelesaikan skripsinya di FK Unhas, 2018. Ia terpilih sebagai tim medis Unhas untuk bergabung bersama tim lainnya bertugas menangani bencana tsunami Palu. Selain dikenal sebagai Duta Baca SMA 17 Tahun 2013, Dea juga peraih IPK terbaik di angkatannya.

Berikutnya, Finalirin, siswi kls IX SMP 18 dari perpustakaan Lorong Parangtambung juara dunia karateka di Belgia, baru-baru ini. Ketiga jawara dari Lembah Para Juara seperti yang disebutkan Bachtiar Adnan Kusuma adalah lorong peradaban yang berhasil mencetak anak-anak lorong yang mendunia. Perpustakaan Lorong Parangtambung atas peran dan dedikasi Bachtiar Adnan Kusuma bersama Syarifuddin Daeng Jarre, oleh pemerintah kota Makassar berturut-turut memberikan penghargaan sebagai inovasi dan LPM Terbaik 1 Kota Makassar. Pin Emas dua kali dan Penghargaan literasi dari Pemerintah Provinsi Sulsel. Tak lama lagi, perpustakaan lorong Parangtambung kembali meraih penghargaan nasional dari Perpustakaan Nasional RI.” Buah dari keikhlasan dan tak pernah berharap apa-apa, kecuali hanya pengabdian,” kata BAK. *)

Editor : Puguh

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here