Perdana, Mahasiswa KKN PPL UNM XVII Menggelar Seminar Literasi

0
13
views
Pemberian materi tentang Literasi oleh Ketua Komunitas Agupena Kab. Barru di Seminar Literasi SMKN 2 Barru. (Foto: Ist).

Apakabarkampus.com – Barru, Perdana mahasiswa KKN PPL Terpadu Universitas Negeri Makassar angkatan XVII tahun 2008 menggelar kegiatan Seminar Literasi, pada Senin 26 November 2018.

Kegiatan ini dilaksanakan diruang aula SMKN 2 Barru yang dihadiri perwakilan siswa di setiap kelas yang ada. Pada kegiatan ini juga menghadirkan pembicara dari pihak relawan pendidikan, mahasiswa, dan juga komunitas literasi Agupena yang ada di Kabupaten Barru.

Muhammad salah satu mahasiswa KKN PPL mengatakan tujuan melaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan minat baca di kalangan siswa terkhusus di SMK Negeri 2 Barru dan pada umumnya di Indonesia karena juga literasi masuk dalam kurikulum 2013.

“Kita ketahui bersama bahwa masih minimnya minat membaca di Indonesia menurut data statistik dari UNESCO dari total 61 negara, Indonesia berada pada peringkat 60. Maka dari itu, pentingnya pemahaman sejak dini kepada siswa untuk membiasakan diri baca buku ketimbang menghabiskan waktunya untuk bermain game. Mudah-mudahan setelah kegiatan ini mampu memancing minat membaca siswa dan mampu membetuk komunitas literasi di SMK Negeri 2 Barru” ujarnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMKN 2 Barru menuturkan Literasi adalah bagaimana mengolah kemampuan membaca dan menulis. Dan yang terpenting bagaimana mengolah teknologi dan IT untuk mengembangkan pengetahuannya untuk bisa beradaptasi dan menghadapi abad 21. dimana sangat dibutuhkan kecerdasan yang lebih luas dan pengetahuan yang lebih luas. Ada orang yg mengatakan jika ingin membuka jendela dunia maka perbanyaklah membaca.

Diakhir kegiatan para pembicara berfoto bersama dengan Kepala Sekolah SMKN 2 Barru.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here