Tim Revitalisasi Perpustakaan Sulsel Gelar Pelatihan Dasar Komputer dan Internet

0
63
views

Apakabarkampus.com – Tim Fasilitator Revitalisasi Transformasi Perpustakaan Umum Berbasis Inklusi Sosial Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan Pelatihan Pengetahuan Dasar Komputer dan Pengenalan Internet bagi Pustakawan lingkup DPK Sulsel, Kamis (29/11) di Gedung Perpustakaan Multimedia Jl. Sultan Alauddin Tala’salapang Makassar.

Kepala Seksi Pembinaan Kelembagaan Perpustakaan DPK Sulsel Nilma, S.Sos, M.M. yang mewakili Kepala Dinas dalam sambutannya sesaat sebelum membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa perpustakaan sekarang ini telah bertransformasi melalui layanan berbasis inklusi sosial.

“Inklusi sosial adalah sebuah pendekatan yang berkomitmen untuk menjadikan layanan perpustakaan itu bisa mensejahterahkan masyarakat,” jelasnya sembari mengaskan bahwa ini sudah menjadi program pemerintah dan menjadi program nasional.

“Oleh karena itu, sebagai pemerintah provinsi tugas kita adalah memfasilitasi pemerintah daerah (kabupaten/kota) untuk mewujudkan program tersebut,” tegasnya.

Di sisi lain, menurutnya, sebagai pustakawan kita juga dituntut untuk memiliki kompetensi.
Salah satunya, adalah kemampuan membuat rencana kegiatan, melaksanakan kegiatan
tersebut dan membuat laporan hasil pelaksanaannya. Untuk mewujudkan hal itu pustakawan harus pandai mengoperasikan komputer dan internet. Oleh karena itu kegiatan pelatihan ini sangat penting bagi pustakawan dan tidak boleh dianggap remeh.

Senada dengan itu, fasilitator sekaligus panitia pelaksana Safaruddin, S.Sos, M.AP menjelaskan bahwa tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para
pustakawan dan tenaga pengelola perpustakaan khususnya di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel.

“Kegiatan ini sangat penting karena ke depan Pustakawan itu harus tersertifikasi seperti guru dan salah satu persyaratan untuk ikut ujian seritifikasi adalah pustakawan minimal harus menguasi dasar-dasar komputer dan internet,” ujar Safaruddin yang juga tampil selaku pemateri bersama Galang Pratama, SH, fasilitaror dari komunitas literasi.

Sementara itu fasilitator lainnya Syamsuddin, S.S, M.M menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Bimtek Peningkatan Kapasitas Fasilitator Pengembangan Perpustakaan Umum yang dilaksanakan Perpustakaan Nasional RI di Makassar tanggal 22-26 Oktober 2018 lalu, yang diikuti peserta dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan 4 kabupaten dan 1 provinsi penerima manfaat, masing-masing Kabupaten Maros, Bone, Soppeng, Banggai (Sulteng) dan Provinsi Sulsel.

Pada pelaksanaan Bimtek itu, para peserta dari kabupaten dan provinsi diberi tugas untuk menyusun program kerja terkait dengan pelibatan masyarakat dan peningkatan layanan internet di perpustakaannya masing-masing. Program yang direncanakan tersebut diharapkan dapat direalisasikan pada Bulan November dan Desember 2018.

“Pada waktu itu salah satu program yang kami rencanakan adalah pelatihan dasar komputer
dan pengenalan internet. Program itulah yang kami realisasikan saat ini,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Tenaga Perpustakaan DPK Sulsel ini.

“Alhamdulillah Bapak Kepala Dinas, Moh. Hasan, S.H, M.H dan Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan Drs. H. A. Ahmad Saransi, M.Si, sangat mendukung dan mensupport kegiatan ini.

Kami juga bersyukur karena pesertanya melampaui target, semula kami menargetkan hanya 20 orang peserta tetapi yang ikut 24 orang,” papar Nazaruddin, S.Ag, M.Sos.I, fasilitator yang juga aktif dalam pelaksanaan pelatihan ini. *(naz)

Editor : Puguh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here