Anggota Komisi E DPRD Sulsel, Bedah Potret Pendidikan di Indonesia

0
30
views

Apakabarkampus.com – Dr.H.Alimuddin, S.H.,M.H.,M.Kn., Anggota Komisi E DPRD Sulsel yang juga Ketua Fraksi PDIP Sulsel, membedah Potret Pendidikan di Sulsel dalam sebuah buku karyanya berjudul “Potret Pendidikan di Era Otonomi Daerah”. Buku setebal 150 halaman terdiri dari Lima Bab menyoroti Otonomi daerah dan Pendidikan Nasional, Hadir sebagai jawaban, Belajar Tentang Kebijakan Pendidikan, Pendidikan Tanggungjawab Pemerintah dan Warna-Warni Wajah Pendidikan Sulawesi Selatan.

Menurut Alimuddin, perlu ada regulasi yang mengatur secara eksplisit tentang perlindungan hak warga masyarakat untuk memperoleh layanan pendidikan yang gratis dan bermutu. Peraturan Daerah dimaksud tulis Alimuddin dalam bukunya hlm 121 adalah pembiayaan pendidikan di luar gaji pendidik dan pendidikan kedinasan harus diimplementasikan sebagai pelaksanaan desentralisasi kewenangan yang menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah.

Karena itu, politisi senior PDIP Sulsel ini, berpendapat perlunya materi muatan Perda yang mengakomodasi secara tegas 20 persen anggaran pendidikan di luar gaji pendidik dan pendidikan kedinasan. Makanya, diperlukan pembagian dana, hibah dan bantuan sosial dalam pembiayaan pendidikan agar dilakukan evaluasi sehingga semua Kab/Kota wajib memenuhi kewajibannya berupa dana sharing dengan prinsip-prinsip transparan, akuntabel dan partisipatif.

Buku yang diterbitkan Yapensi Jakarta ini, akab dilaunching di Makassar, Takalar dan Jeneponto. Tenaga Ahli Komisi E DPRD Sulsel Bachtiar Adnan Kusuma, bertindak sebagai Editor dari Buku karya putra Jeneponto, kelahiran 9 Juli 1967 ini yang dikenal tokoh dan pelaku pendidikan di Sulsel.

“Pak Alimuddin politisi yang kaya pengalaman mengelola pendidikan bukan sekadar teori, praktek dan juga ikut serta memberikan ide-ide dan gagasannya terutama memperkuat perbaikan mutu pendidikan di Sulsel” ucap Bachtiar Adnan Kusuma, Tokoh Penggerak Pendidikan kota Makassar. *)

Editor: Puguh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here