Lemahnya Budaya Riset di Indonesia: Akar Masalah dan Solusi

0
7
views

Apakabarkampus – Riset sangat penting dalam perkembangan kehidupan dan peradaban. Melalui riset, berbagai pengetahuan baru bermunculan, rentetan teknologi baru terus dikembangkan. Berbagai kendala dan persoalan yang dihadapi umat manusia sangat mungkin ditemukan jawabannya melalui riset.

Lembaga riset sungguh penting sebagai wujud dari upaya membangun dan mengembangkan ilmu pengetahuan serta peradaban umat manusia. Realitas dan perkembangan segala aspek kehidupan (alam dan sosial) hanya dapat dipahami dan/atau dijelaskan dengan baik jika telah melewati riset-riset yang mendalam.

Apa yang ada dan terjadi di masa lalu berikut kondisi saat ini dan kemungkinannya ke depan hanya bisa dijelaskan dengan baik, berdasar, dan bertanggung jawab jika itu merujuk pada hasil riset.

Di berbagai negara, lembaga-lembaga riset sangat berwibawa, dihormati, dan selalu menjadi rujukan. Begitu pula di berbagai perguruan tinggi terkemuka, hasil-hasil riset oleh lembaga riset mereka menjadi parameter mutakhir dari perkembangan teori ilmu pengetahuan.

Dr. Abdul Aziz SR

(Dewan Pakar Lembaga Riset BRORIVAI Center)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here