Resensi Buku: The Power of Syirkah

0
56
views

Judul Buku: The Power of Syirkah
Penulis: Bams Syirkahpreneur
Penerbit: Kaheel.co
Tahun Terbit: 2018
Cetakan: Pertama
Tebal Buku: 219 Halaman

Biografi Penulis

Bambang Setiyawan:
Dilahirkan di Cilacap, 12 Oktober 1979, beliau yang lebih dikenal sebagai Bams Syirkahpreneur, mengenyam pendidikan di kota tersebut, mulai dari SD, SMP dan SMK. Hidup dengan keterbatasan kondisi orang tua justru mampu menjadi motivasi yang kuat buat dirinya untuk berdaya. Dia punya tekad yang kuat ingin memutus rantai kemiskinan dalam silsilah keluarganya. Menjadi pengusaha sebenarnya bukan sebuah cita-cita dari awal sebab dalam pikirannya, yang penting adalah bagaimana punya uang halal yang banyak; tidak peduli baik itu dari cara kerja maupun usaha. Namun, skenario ALLAH memperjalankan dia menjadi pengusaha karena dia tidak kunjung dapat pekerjaan yang diinginkan.

Latar Belakang Buku

Menjadi pengusaha dengan keuletan dan semangat yang tinggi tidak cukup. Menjadi pengusaha tanpa guru, tanpa ilmu membuat Bams terus-terusan mengalami jatuh bangun dalam menjalankan usahanya, sampai mengantarkannya pada kebangkrutan. Namun, dia justru merasa bersyukur dengan kebangkrutan yang dia alami.

Dari kebangkrutan itu, dia menjadi tahu bahwa selama ini dia berkubang dosa yang sangat besar dalam menjalani usahanya, yaitu dosa riba. Setelah mengenal dosa riba, dia berkomitmen untuk meninggalkannya dan malah menjadikannya aktivis di berbagai komunitas anti riba. Harapannya membara: ummat tersadar dengan bahaya dosa riba dan menjadikan Indonesia terbebas dari riba.

Semangat inilah yang memotivasi dirinya untuk melahirkan solusi akan permasalahan ini. Setelah syiar tentang riba sangat berkembang di berbagai kota, dia melihat ada masalah baru yang butuh solusi. Dia melihat begitu banyak pengusaha sudah tobat dengan riba, begitu banyak karyawan perbankan resign, banyak masyarakat yang merindukan ekonomi syariah, banyak pengusaha yang belum berkompeten dalam bisnis, dan semua ini adalah masalah yang membutuhkan solusi, sekaligus melahirkan peluang. Inilah cikal bakal lahirnya gerakan sekaligus buku ‘The Power of Syirkah’ ini.

Gambaran Tentang Isi Buku

Mengapa syirkah:
Begitu banhak pengusaha yang kesulitan untuk mengembangkan bisnisnya akibat terbatasnya modal, pilihan mereka cenderung meminjam ke bank yang jelas-jelas riba. Di sisi lain, ada begitu banyak potensi ummat yang belum terwadahi, banyak orang memiliki uang, namun tak tau maj dikemanakan, mau bisnis, tapi tidak ada skill.

Mengenal syirkah lebih dekat:
Syirkah merupakan salah satu ajaran dalam agama Islam, ketika Islam melarang perzinahan, maka Islam memberi solusi berupa pernikahan. Ketika Islam melarang riba, maka Islam memberi solusi yakni jual beli. Ketika Islam melarang pinjaman yang berbunga, maka Islam memberi solusi yakni syirkah.

Strategi mengembangkan syirkah:
Bisnis yang belum teruji dan belum profesional, kemudian di syirkahkan, ibarat tentara yang belum pernah ikut pendidikan militer, kemudian langsung ikut perang.

Bukan sekadar teori, telah kami praktikkan:
Isi dari buku ini merupakan pengalaman dari penulis yang telah mempraktekkan bisnis syirkah, dan, alhamdulillah, telah dapat dikatakan sukses.

Kata mereka:
Bisnis syariah adalah konsekuensi iman. Banyak pelaku bisnis muslim di zaman ini kurang peduli dengan implementasi syariah di bisnisnya. Coach Bams salah satu pengusaha yang telah hijrah dan membuktikan solusi bisnis sesuai syariah yang melibatkan banyak orang sekaligus dengan syirkah ummatnya. Semoga menjadi inspirasi dan solusi menuju bisnis ummat yang berlimpah penuh berkah. (Muhammad Nursali) Business Accelerator, Founder Muslim Bisnis Akademi, www.mentoringbisnis.com.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan:
Buku yang sarat akan isi, tidak hanya enak dibaca, namun juga bisa langsung dipraktekkan. Ditambah lagi ada petunjuk/arahan untuk melakukan bisnis syirkah bersama coach Bams

Kekurangan:
Kurang memuat contoh atau bentuk bisnis syirkah secara mendetail

Kesimpulan

Inilah buku tentang pemberdayaan yang ditulis oleh seorang praktisi, bagaimana mengoptimalkan sesuatu yang tampak kecil, tapi sebenarnya potensinya sangat besar.

Dengan membaca buku ini, Anda akan menemukan solusi nuata bagaimana Anda bisa memperoleh modal besar tanpa riba, memberi solusi bagaimana seseorang bisa punya penghasilan tambahan walau dia tidak punya skill bisnis, Anda bisa punya bisnis yang baik tanpa kerepotan mengelolanya dan tanpa punya keahlian di dalamnya, solusi membangun ekonomi syariah, ekonomi jamaah, dan mengoptimalkan potensi besar ummat.

 

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here