Fisip UIT Gelar Workshop Nvipo 12 plus

0
75
views


AKK.COM.-Mencermati perkembangan teknologi penelitian yang tumbuh sangat cepat, Dekan Fisip Universitas Indonesia Timur (UIT) membangun kemitraan dengan STIAMI Jakarta, menyelenggarakan Workshop Nvipo 12 Plus, yakni kegiatan yang menunjang bagi kemudahan para dosen dan peneliti dalam mengolah data.
Dekan Fisip UIT, Dr.(Cand) Dra. Nani Harlinda, M.Si. Sabtu, 13 April 2019, di Kampus 1 UIT, kepada wartawan menjelaskan, “Kegiatan ini bukan hal baru, hanya memang belum banyak yang menggunakan software Nvipo 12 plus, dalam mengolah data penelitian,” ujarnya.
Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung Mei 2019 mendatang, sudah dimintai sejumlah dosen bukan hanya dari Sulsel, melainkan juga dari luar Sulsel. “Beberapa peserta yang sudah registrasi berasal dari PTS di Nusa Tenggara,” ujar Dra. Nani.
“Seperti ulasan pada program ini, tidak peduli bagaimana Anda mengumpulkan data Anda, NVivo 12 Pro untuk Windows telah Anda liput. Impor, kelola, dan analisis teks, audio, video, email, gambar, spreadsheet, survei online, konten web, dan media sosial. Dengan alat manajemen data, kueri, dan visualisasi canggih, yang dipunyai NVivo, semua akan terurai,” ujarnya.
Hanya melihat tab dan perintah saat Anda membutuhkannya menggunakan bilah alat navigasi yang dirancang ulang. Kelompokkan item proyek dengan mudah sesuai dengan tugas penelitian menggunakan Navigasi View. Berkat tata letak yang disederhanakan, mengklasifikasikan data Anda dan bekerja dengan kasing tidak pernah semudah ini, demikian tambahnya.
“Cukup sematkan folder dan item yang sering Anda gunakan dalam tampilan navigasi untuk akses cepat ke apa yang Anda butuhkan,” tambah Nani. Simpan pemikiran Anda dalam memo untuk pelaporan yang lebih cepat, lebih transparan, dan andal. Gunakan anotasi untuk membuat catatan saat Anda bekerja agar Anda tidak kehilangan ide yang mungkin ingin Anda jelajahi nanti.
Visualisasikan data Anda dengan rentang visualisasi yang paling komprehensif: bagan, peta pikiran, jelajahi, diagram perbandingan, dan banyak lagi. Saat Anda siap untuk membagikan temuan Anda, mudah untuk mengekspor visualisasi Anda ke dalam laporan dan presentasi, tutupnya.(irma)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here