Prof. Jasruddin : Kalau Mau Sukses di Masa Depan, Sering-Seringlah ke Perpustakaan

0
126
views

Apakabarkampus.com — Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sulawesi Prof. Dr. Jaruddin, M.Si menegaskan, semua orang mengetahui bahwa pendidikan itu maju dan berkembang jika didukung oleh perpustakaan. Perpustakaan itu adalah masa depan. Makanya, kalau mau sukses di masa depan sering-seringlah ke Perpustakaan.

Pernyataaan itu disampaikan pria yang akrab disapa Prof Jas, ketika menjadi pemateri pada Seminar Nasional Rahasia Pustakawan Cerdas, Kreatif, Efektif, Menarik, Luhur, Penyayang, dengan judul materi Paradigma Pengembangan Perpustakaan untuk mendukung pendidikan di Era 4.0.

Lebih lanjut Prof Jas menegaskan, karena perpustakaan itu masa depan, maka pustakawannya harus mampu berfikir melampaui jamannya. Di samping itu, pustakawan hari ini harus bersahabat dengan teknologi.

“Hari ini pustakwan juga harus menjadi entrepreneur, sebab kalau pustakawan tidak mampu “menjual” perpustakaannya sesuai dengan tuntutan klien atau pemustakanya, maka perpustakaan itu akan ditinggal,” paparnya, sembari menambahkan bahwa jika ingin maju dan berkembang, perpustakaan hari ini juga harus berkolaborasi dengan perpustakaan lain.

Seminar Nasional Rahasia Pustakawan yang berlangsung di Gedung PNFI Jl. Adiyaksa Baru Makassar, Minggu (14/4) ini, dilaksanakan oleh Wispendik sebuah NGO yang aktif bergerak di bidang Pendidikan, didukung oleh Ikatan Pustakwan Indonesia (IPI) Sulawesi Selatan dan Penerbit Erlangga, dihadiri peserta pustakawan dan pengelola perpustakaan dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah.

Selain Prof Jasruddin, Seminar Nasional Rahasia Pustakawan yang dimoderatori oleh Dr. Eddyman W. Ferial ini juga menghadirkan dua pemateri lain, H. Mukhtar Dolle, S.Sos, MM, Pustakawan Utama dari Perpustakaan Nasional RI dan Tulus Wulan Juni,Pustakawan berprestasi Tingkat Asean yang saat ini juga menjadi salah satu motor penggerak berbagai kreativitas dan inovasi di Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Ketua Pengurus Daerah IPI Sulawesi Selatan Nilma, S.Sos, MM, yang turut hadir memberi motivasi dan semangat kepada para pustakawan, dalam sambutannya pada acara pembukaan Seminar Nasional tersebut mengungkapkan bahwa saat ini perpustakaan telah masuk dalam Prioritas Pembangunan Nasional dalam bentuk literasi untuk kesejahteraan, melalui layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial.

“Melalui layanan berbasis inklusi sosial, perpustakaan hadir memberi kesempatan kepada semua masyarakat untuk mengembangkan potensinya dengan berkegiatan di perpustakaan yang sejatinya akan meningkatkan ekonomi dan kesejahteraannya,” jelas Nilma. “Kenapa harus di perpustakaan, karena semua bidang ilmu referensinya ada di perpustakaan,” kuncinya.  *(naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here