Ciri-Ciri Kemunafikan Ada Tiga

0
15
views

Apakabarkampus.com – Markaz Imama Malik kembali menggelar Kajian Rutin dengan pembahasan Kitabul Jami’ yang dibawakan oleh ustadz Harman Tajang. Senin (15/4) malam.

Beliau memulai dengan membacakan hadist shahih dari Abu Hurairah ra. belaiu berkata, “Rasulullah saw. bersabda, ‘Tanda orang munafik itu tiga, jika dia berbicara, dia berdusta, jika ia berjanji, ia menyelisihi janjinya, jika ia diberi amanah, ia mengkhianati amanah tersebut,’.”

“Ini hadits yang agung yang disampaikan oleh Rasulullah saw. tentang orang munafik. Nifaq (munafik) adalah menampakkan sesuatu, namun beda dengan yang disembunyikan.”

Tentang orang munafik, lanjut beliau, ALLAH swt. berfirman bahwa orang-orang munafik itu berada dalam neraka yang paling bawah.

“Sebagaimana kita tahu bahwa syurga itu bertingkat-tingkat ke atas dan neraka itu bertingkat-tingkat ke bawah,” tambahnya.

Lebih lanjut, beliau mengatakan bahwa munafik itu ada dua macam, ada yang mengeluarkan seseorang dari Islam ada juga yang tidak mengeluarkan pelakunya dari Islam.

“Para ulama ada yang membagi nifaq, nifaq asgar (kecil) dan nifaq kubra (kubra). Namun jangan kita meremehkan nifaq yang kecil, sebab nifaq kecil merupakan wasilah/jalan untuk terjadinya nifaq yang besar. Gunung-gunung yang tinggi itu berasal dari batu-batu kerikil kecil yang bertumpuk-tumpuk.” Pungkasnya.

 

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here