Menyambut Hari Pendidikan Nasional, AIM Bersama Jaringan Semua Murid Semua Guru Mengajar di SD Inpres Maccini Baru

0
18
views

Apakabarkampus.com – Aksi Indonesia Muda (AIM) yang tergabung dalam jaringan semua murid semua guru telah mengadakan kegiatan kelas mengajar. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional yang dilaksanakan di SD Inpres Maccini Baru pada hari Sabtu (27/04/19).

Jenis pendidikan yang diusung oleh AIM adalah pendidikan karakter. Adapun temanya adalah pentingnya nilai-nilai perdamaian ditanamkan kepada anak. Kegiatan yang diikuti oleh 33 anak ini dilaksanakan sebagai bentuk kesadaran akan pentingnya penanaman dan kesadaran mengenai nilai-nilai perdamaian pada anak sejak dini.

Kegiatan ini dibuka oleh guru SD Inpres Maccini Baru. Beliau menyampaikan ucapan terimakasih dan harapannya.

“Alhamdulillah kami mengucapkan terimakasih atas kedatangan kakak-kakak AIM. Saya berharap anak-anak di sini bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga nanti mereka bisa menerapkan nilai-nilai perdamaian sejak dini kepada teman-teman dan lingkungan di sekitarnya,” ucap Ibu Rahmawati selaku Guru dan Bendahara Sekolah.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian kelompok anak untuk melaksanakan 4f (Fact, Feel, Find, Future) yang bertujuan untuk mengajak dan melatih keberanian anak-anak untuk menceritakan fakta sebelum ke sekolah, menceritakan perasaannya, menemukan hal-hal menarik dan cita-citanya, kemudian ice breaking, nonton film pendek, dan story telling tentang nilai-nilai perdamaian.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh salah satu finalis duta pendidikan 2019 sekaligus Koordinator Guru Pendamping Khusus (GPK), yaitu Andhar Wijaya. Menurut beliau, kegiatan ini merupakan suatu kebanggaan.

“SD Inpres Maccini adalah sekolah penyelenggara inklusi pertama di Sulawesi Selatan. Sekolah inklusi adalah sekolah regular yang menerima dan mengikutsertakan anak-anak berkebutuhan khusus untuk belajar dengan anak-anak normal. Tentu dengan kegiatan yang bertemakan perdamaian dalam keberagaman ini semakin menguatkan kita, khususnya anak-anak bahwa semua orang memiliki hak yang sama dalam berpendidikan, terlepas ia adalah anak normal ataupun anak berkebutuhan khusus,” kata Andhar Wijaya.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan kepada SDI Maccini Baru dan foto-foto bersama guru dan anak-anak.(*)

 

Novi
Divisi Media AIM

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here