Ini 5 Amalan Utama Saat Ramadhan

0
36
views

Apakabarkampus.com – Tak terasa bulan yang dinanti-nanti oleh segenap kaum muslimin akan segera tiba, bulan dimana Penguasa Alam Semesta melipatgandakan berbagai amalan yang dikerjakan di dalamnya.

Tentu bagi seorang muslim, ini merupakan momen yang sangat menggembirakan, tak hanya orang dewasa, anak-anak pun berbahagia di bulan ini, sebab banyaknya makanan yang tersedia.

Komunitas Halaqah Preneur kembali menggelar Kajian Bisnis yang bertempat di Swiff Laundry lantai 3, jl. Pengayoman, Makassar. Sabtu (4/5) malam.

Ustadz Aprianto selaku pemateri menanyakan kepada para peserta yang kurang lebih berjumlah 20 orang tentang amalan apa yang paling utama di bulan ramadhan.

“Amalan apa yang paling afdhol di bulan ramadhan?” Tanyanya.

“Yang pertama adalah sholat. Banyak orang pada bulan ramadhan, dia berpuasa namun tidak sholat.” Tambah beliau.

Setelah ibadah sholat, lanjut beliau, ibadah yang paling utama selanjutnya adalah puasa. Dalam hadist kudsi, ALLAH berfirman bahwa semua amalan anak Adam itu untuknya, kecuali puasa, itu untuk-Ku.

Lebih lanjut, beliau mengungkapkan bahwa ibadah selanjutnya yang paling dianjurkan adalah sholat lail (tarwih), sejarahnya, pada waktu itu Nabi saw. melaksanakan shalat tarwih bersama sahabatnya di masjid, dan itu berlangsung selama 3 hari berturut-turut. Pada malam ke empat ramadhan, para sahabat telah menunggu Rasulullah, namun beliau tak kunjung datang. Ketika ditanya, mengapa beliau tidak hadir pada malam ke empat, beliau saw. bersabda, “Aku khawatir kalian menganggap hal ini wajib.”

“Dan ini adalah bentuk cinta Rasulullah saw. kepada ummatnya, ia tidak ingin menyusahkan ummatnya. Dan salah satu sifat beliau adalah penyayang dan pengasih.” Lanjut owner Klinik Hamdalah tersebut.

Kemudian, beliau berkata bahwa amalan selanjutnya adalah sedekah dan baca Qur’an.

“Seseorang pernah bertanya kepada Utsman tentang bagaimana cara untuk mengukur kedekatan dengan ALLAH? Utsman menjawab, ‘Lihat seberapa dekat engkau dengan Al-Qur’an’.” Pungkasnya.

 

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here