Amalan Seseorang Dibalas Berdasarkan Niatnya

0
14
views

Apakabarkampus.com – Niat merupakan perkara batiniah, bisa jadi seseorang melakukan pekerjaan yang sama namun mendapatkan hasil yang berbeda, disebabkan perbedaan niat sejak awal.

Dalam buku Arba’in An-Nawawi yang ditulis oleh imam Abu Zakariah Yahya bin Syaraf An-Nawawi meletakkan hadist tentang niat di awal pembahasan dan memang para ulama terdahulu ketika menulis sebuah buku, maka mereka selalu menempatkan hadits tentang niat ini di pembahasan awal.

Membahas tentang buku Arba’in An-Nawawi, Markaz Imam Malik kembali menggelar Kajian Rutin dengan ustadz Faisal Abd. Rahman sebagai pemateri.

“Salah satu tanda diterimanya proyek (kitab Riyadhus Shalihin dan Al-Arba’in An-Nawawiah) Imam An-Nawawi ialah hampir disetiap rumah-rumah kaum Muslimin setidaknya ada satu karangan beliau.” Jelas ustadz Faisal dalam Kajian yang diselenggarakan di masjid Nurul Hikmah, jl. RSI Faisal 14 no. 14, Makassar.

Lebih lanjut, beliau mengatakan bahwa Arba’in An-Nawawi berisi hadits-hadits yang disaring dari ribuan hadits yang tertulis dalam kitab-kitab ulama yang dianggap perkara-perkara penting/pokok dalam agama ini.

Hadits yang pertama, lanjut beliau, dalam kitab ini yakni dari Abu Hafs amirul mu’minin Umar bin Khattab ra., beliau mengatakan saya mendengar dari Nabi saw. bahwa, Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju.

“Hadits ini merupakan setengah dari agama, banyak yang pernah membaca hadits ini bahkan sampai menghafalkannya, namun banyak yang kurang memahami.” Tambahnya.

Kemudian, beliau mengutip perkataan Imam Bukhari bahwa tidak ada satu hadits pun yang lebih lengkap dan lebih luas cakupannya dan banyak faidahnya kecuali hadits ini.

Imam Syafi’i juga mengatakan bahwa hadits ini sepertiga dari ilmu.

 

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here