MIM Gelar Kajian Rutin Dengan Tema ‘Bersegeralah’

0
26
views

Apakabarkampus.com – Markaz Imam Malik kembali menggelar Kajian Rutin dengan tema ‘Bersegeralah’. Kamis (20/6) malam.

Kegiatan yang berlangsung di masjid Nurul Hikmah, jl. RSI Faisal 14 no. 14, Makassar ini menghadirkan ustadz Irwan Fitri sebagai pemateri.

Pertama-tama, ustadz Irwan membacakan ayat-ayat Al-Qur’an yang berhubungan dengan tema Kajian kali ini, yakni:

فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ

“Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,”

“Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan.” (QS. Al-Baqarah).

“Ayat yang paling jelas mengutarakan tentang bergegaslah yakni Ali Imran: 113 yang berbunyi, Bersegeralah kalian kepada ampunan Tuhanmu dan kepada Surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa.” Tuturnya.

Lebih lanjut, beliau mengatakan, para ulama menjelaskan bahwa ketika ALLAH mengatakan ‘kepada ampunan Tuhanmu’, ini menunjukkan bahwa ALLAH itu Maha Pengampun dan selalu membuka pintu taubat, bahkan untuk orang yang dosanya sangat besar sekalipun.

“Imam al-Kurtubi mengatakan bahwa frasa yang berbunyi ‘luasnya seluas langit dan bumi’ menunjukkan bahwa ALLAH hanya menyebut luasnya saja, belum panjangnya, ini membuktikan bahwa Surga itu sangat besar.” Tambah beliau.

Kemudia, ustadz Irwan menjelaskan tentang gambaran kenikmatan Surga dengan membacakan hadist Nabi yang diriwayatkan oleh imam Muslim, “Sesungguhnya orang yang paling miskin di Surga disuruh untuk berkhayal, dan ALLAH memberikan 10 kali lipat dari apa yang dia hayalkan.”

 

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here