Hasan Sijaya Ajak Masyarakat Membaca 15 Menit Sehari

0
37
views

Apakabarkampus.com — Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan, Moh. Hasan Sijaya, S.H, M.H mengajak masyarakat memanfaatkan waktunya untuk membaca minimal 15 dalam sehari. Ajakan itu disampaikan hasan dalam sambutannya sesaat sebelum membuka kegiatan Roadshow Pengembangan Kegemaran Membaca di Hotel Grand Imawan Makassar, Kamis (27/6), yang turut dihadiri Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan DPK Sulsel Drs. H.A. Ahmad Saransi, M.Si,.

“Kegiatan mendorong kegemaran membaca itu sudah menjadi keharusan buat kita semua khususnya para generasi muda. Dari adik-adik sekalian inilah yang bisa menyampaikan kepada seluruh teman-temannya, sahabat, orang tua bahwa dalam sehari itu setidaknya membaca 15 menit saja, dan membaca apa saja tidak mesti koran,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Hasan juga mengajak masyarakat khususnya para generasi muda untuk selalu berkunjung ke layanan perpustakaan. Apalagi layanan di perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2019 ini telah mengalami perubahan. Tempatnya semakin adem, suasananya nyaman, karpetnya sudah bisa lesehan di situ, mejanya sudah canggih-canggih, rak bukunya semakin bagus dan tertata rapi.

“Jangan berhenti jalan-jalan ke layanan perpustakaan, mau dijadikan tempat ngobrol bisa, mau dijadikan tempat diskusi bisa. Ayo ke sana, dinas perpustakaan siap memfasilitasi,” ajak Hasan, sembari menegaskan “Saya mencoba bermimpi menjadikan layanan perpustakaan di Sulawesi Selatan ini menjadi tempat rekreasi khususnya bagi generasi muda”.

Hasan menegaskan, sebagai aparat yang diserahi tugas dan tanggung jawab dalam mencerdaskan kehidupan bangsa di Sulawesi Selatan melalui peningkatan minat baca, di pikirannya harus lengket bahwa tidak ada hari tanpa perubahan.

“Hari ini bentuk perubahan itu seperti apa, besok seperti apa, tahun depan seperti apa. Yang pasti kita berkeinginan bagaimana masyarakat kita yang masuk dalam ruang layanan perpustakaan itu bisa happy, dia nyaman di situ. Sebab hanya orang nyaman yang bisa masuk pikirannya. Kalau kita tidak nyaman membaca tidak masuk itu,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengembangan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca DPK Sulsel, H. Dinar, S.Sos, selaku pelaksana kegiatan dalam laporannya mengatakan, kegiatan Roadshow yang diikuti sekitar seratus orang peserta ini, bertujuan untuk menumbuhkan budaya baca dan menjadikan masyarakat kita cinta buku dan gemar membaca. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai upaya promosi perpustakaan dan pendekatan pelayanan perpustakaan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Roadshow Pengembangan Kegemaran Membaca yang mengusung tema “Bergerak Bersama dalam Semangat Literasi Inklusi untuk Masyarakat/Pemuda yang Mandiri, Berdaya Saing, Kreatif, dan Inovatif” ini dipandu oleh moderator Duta Baca Sulsel Rezky Amalia Syafiin, dengan menghadirkan pemateri di antaranya penggiat literasi Andi Abdul Karim Mappasomba yang lebih akrab disapa Andika Mappasomba, Direktur Eksekutif eLSIM Andi Tenriadi, Pendiri Rumah Koran Jamaluddin dan pemateri dari akademisi. *(naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here