Hasan Sijaya: Perhatian Pemerintah Pusat  Terhadap Pengembangan Perpustakan di Wilayah KTI Makin Besar

0
27
views

Apakabarkampus.com — Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H mengakui bentuk perhatian pemerintah pusat terhadap pengembangan pembangunan perpustakaan, khususnya mendorong peningkatan layanan perpustakaan yang ada di wilayah kawasan timur Indonesia semakin besar.

“Kemarin kita sudah mendapatkan dana DAK kurang lebih sekian miliar, di tahun 2020 nanti, doakan saya, Insya Allah mungkin sekitar 40 sampai 50 miliar yang kita akan dapatkan untuk peningkatan layanan perpustakaan di provinsi Sulsawesi Selatan,” ujar Hasan Sijaya.

Penegasan itu disampaikan Hasan Sijaya usai membuka kegiatan FGD Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dan DAK Fisik Sub-Bidang Perpustakaan oleh tim terpadu Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan dan Perpustakaan Nasional RI, yang dipusatkan di Hotel Aryaduta Makassar, Kamis (27/6).

Terkait dengan pelaksanaan pemantauan dan evaluasi terpadu ini, tim dari Kementerian PPN/Bappenas menjelaskan, dalam RKP 2019 terdapat kegiatan Prioritas penguatan Literasi untuk Kesejahteraan pada Prioritas Nasional Pembangunan Manusia melalui Pengurangan Kemiskinan dan Peningkatan Pelayanan Dasar. Untuk mendukung kegiatan prioritas tersebut antara lain dilaksanakan kebijakan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, dan kebijakan DAK fisik untuk peningkatan kualitas layanan perpustakaan umum di daerah.

Untuk memastikan kebijakan tersebut dilaksanakan sesuai dengan yang telah direncanakan, maka dilaksanakanlah kegiatan pemantauan dan evaluasi ini, yang diikuti peserta Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan provinsi dan beberapa kabupaten/kota di wilayah Sulawesi, Maluku, Maluku Utara dan Papua.

Kegiatan ini, turut dihadiri Kepala Biro Hukum dan Perencanaan Perpusnas RI Joko Santoso, Kepala Pusta Pengembangan dan Pengkajian Minat Baca Perpusnas RI Deni Kurniadi, beserta beberapa direktur dari Kementerian PPN/Bappenas, Kemendagri dan Kemenkeu RI, yang sekaligus tampil memberikan arahan, petunjuk teknis dan evaluasi pada kegiatan tersebut.*(naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here