KKN Tematik ENJ Unhas 2019 Gelar Sosialisasi Hidroponik dan Tanaman Obat Keluarga

0
16
views

Apakabarkampus.com – Divisi Lingkungan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Universitas Hasanuddin 2019 gelar Sosialisasi Tanaman Hidroponik yang Bersistem Wick.

“Hal tersebut dinilai satu cara yang paling efektif dan sesuai dengan kondisi lingkungan masyarakat Desa Persatuan, Pulau Kanalo Satu dan Dua,” ungkap Koordinator KKN tematik ENJ Unhas 2019 Suhandi dalam sambutannya. (09/07/2019).

Kegiatan yang berlangsung di Tribun Desa Persatuan dihadiri oleh berbagai perangkat desa dan masyarakat Pulau Kanalo Satu dan Kanalo Dua.

Ketua KAUR Desa Pulau Persatuan Muhammad Nakir mengatakan bahwa masyarakat sekitar memerlukan teknik penanaman yang baik, berhubung desa pulau persatuan sangat minim lokasi.

Kegiatan ini difasilitasi oleh Arisya Arifin yang juga sebagai peserta KKN Tematik ENJ Unhas 2019.

Materi berlangsung efektif, dengan penjelasan dan praktik langsung oleh beliau terkait pembuatan media tanaman hidroponik hingga pertumbuhannya.

“Tanaman yang dapat ditanam adalah selada, kangkung, sawi, cabe, mentimun, dan berbagai tanaman lainnya,” Ungkap Arisya dari Program Studi Agroteknologi.

Usai sesi pertama, dilanjutkan sosialisasi yang bertajuk Penyuluhan Tanaman Obat Keluarga (Toga) yang disampaikan langsung oleh Divisi Kesehatan. Hal tersebut di fasilitasi oleh Darwis yang juga peserta KKN Tematik ENJ unhas 2019.

Darwis berkata banyak tanaman yang ada disekitar kita yang dapat dijadikan obat misalnya tanaman kunyit dapat dijadikan obat maag dan tukak lambung.

“Harapannya, semoga kedua informasi tenaman hidroponik dan tanaman obat keluarga mampu memberikan terobosan baru dalam kehidupan masyarakat Desa Persatuan yang mampu menyesuaikan dengan situasi pulau yang minim lokasi.” Ungkap moderator dalam sesi akhir kegiatan.(*)

 

Enol Syahdadi

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here