Mahasiswa KKN Unhas Laksanakan Program Kerja Pemberantasan Buta Aksara di Desa Mamampang

0
25
views

Apakabarkampus.com – Sebagai mahasiswa sudah sepatutnya mengambil peran sebagai agen of change. Membuat perubahan dalam masyarakat dan membantu dalam pengembangan dunia pendidikan Indonesia. Seperti halnya yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Unhas Gelombang 102 di Desa Mamampang.

Salah satu program Kerja yang dilaksanakan adalah Kelas Balitung (Baca, Tulis, Menghitung) yang dilaksanakan di salah satu rumah warga desa mampang kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng Selasa, (08/07/2019).

Lukman selaku koordinator desa mengatakan bahwa trget utama dalam pelaksanaan Program Kerja ini adalah para lansia di Desa Mamampang yang mengalami buta huruf.

“Dalam pelaksanaannya pun Mahasiswa KKN bekerjasama dengan beberapa pemuda setempat dengan maksud ada pelanjut kelas tersebut setelah berakhirnya masa KKN,” ungkap Mahasiswa dari Program Studi Teknik Mesin tersebut.

Lanjut Lukman bahwa tahap awal pembelajaran yaitu memperkenalkan huruf-huruf alfabet pada peserta yang kemudian dilanjutkan dengan belajar untuk menggabungkan huruf vocal dan huruf konsonan.

“Meskipun terdapat sedikit kendala, terlebih kebanyakan peserta hanya mampu memahami bahasa daerah setempat, namun hal tersebut dapat teratasi dengan bantuan dari para pemuda yang diajak bekerjasama,” Ujar Abdi Ihlas.

Abdi Ihlas berharap bahwa melalui kegiatan semacam ini akan muncul motivasi belajar kepada para lansia yang mangalami buta huruf.

“Belajar tidak mengenal usia selama ada kemauan, kapanpun dan dimanapun dapat dilaksanakan termasuk di kelas balitung,” kata Abdi

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama masyarakat dan peserta KKN Unhas gelombang 102 di Desa Mamampang.(*)

 

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here