KKN-PPM UNM, Bukti Pengabdian Kepada Masyarakat Berbakti Untuk Negeri

0
47
views
Foto bersama mahasiswa dan dosen pembimbing pasca pembekalan KKN PPM UNM. (10/7).

Apakabarkampus.com – Makassar, Pengabdian Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) penempatan Desa Tadampalie Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo . Setelah beberapa kali pembekalan dan pengarahan yang dihadiri 34 mahasiswa KKN-PPM UNM yang terdiri dari 4 fakultas (FT, FBS, FMIPA dan FE).

Adapun tema kegiatan yakni “Meningkatkan kualitas hidup dan lingkungan masyarakat  Desa Tadampalie Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo “. Mahasiswa tersebut didampingi langsung dosen UNM yang telah berpengalaman dalam bidang pengabdian kepada masayrakat, yakni bapak Drs. Marsud Hamid, M.Kes. dan Drs. Taufiq, M.pd.

Dalam setiap pembekalan, mereka membahas mengenai program yang akan dilakukan di Desa Tadampalie Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo. Dan pada akhirnya merampungkan program kerja yang telah tersedia antara lain :

1. Pengolahan ikan air tawar menjadi nugget, abon, ikan asap kerupuk dll.
2. Teknologi pengasapan sederhana.
3. Keterampilan pembuatan pupuk organik.
4. Keterampilan jahit menjahit dan wirausaha.
5. Penyuluhan pelestarian lingkungan dan manfaat pupuk organik.

Muhammad Akbar, selaku kordinator kecamatan KKN-PPM Sabbangparu, mengungkapkan bahwa selain itu, ia juga berharap semoga para peserta KKN-PPM Desa Tadampalie Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo lainnya sudah memiliki gambaran jelas yang dilakukan saat KKN nanti.

“Saya berharap setelah diadakan pelatihan kedua ini, teman-teman sudah mempunyai gambaran yang jalas tentang apa yang akan dikerjakan ditempat KKN,” jelasnya.

“Sebagai seorang mahasiswa, kita dituntun untuk selalu melaksankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian, makanya saya berharap melalui program KKN-PPM ini dapat menjadikan kita sebagai penggerak kemajuan dalam desa tempat kita mengabdi, semangat teman-teman peserta KKN-PPM kami tak ragukan untuk selalu berbuat, seiring dengan tujuan kami bersama yaitu meningkatkan kualitas hidup dan lingkungan masyarakat  desa Tadampalie Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo,” pungkasnya.

Mereka rencananya akan berangkat KKN pada 15 Juli 2019 mendatang.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here