Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Gelar Lomba Bercerita Tingkat Provinsi

0
33
views

Apakabarkampus.com — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan kembali menggelar Lomba Bercerita bagi Siswa Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiah (SD/MI) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2019 di halaman Gedung Layanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, Jl. St. Alauddin km. 7 Tala’salapang Makassar, Kamis-Jumat (18-19/7).

Kegiatan ini dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Moh. Hasan, SH, MH, dihadiri para Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten/ Kota se Sulsel, para pejabat eselon III dan IV lingkup Dinas Perpustakaan Sulsel, tim juri beserta sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya sesaat sebelum membuka acara tersebut, Kadis Moh. Hasan menegaskan, pada tahun-tahun sebelumnya kegiatan seperti ini dilaksanakan di ruangan tertutup. Namun pada tahun ini sengaja dilaksanakan di ruang terbuka di halaman kantor perpustakaan sehingga masyarakat tahu bahwa di Dinas Perpustakaan ada kegiatan Lomba Bercerita seperti ini.
Menurutnya, kegiatan lomba bercerita ini merupakan upaya untuk menumbuhkan minat baca anak-anak kita. Sebab dengan membaca mereka bisa bercerita, dengan membaca anak-anak kita akan menjadi anak-anak yang cerdas, dan itu bisa dilakukan di perpustakaan.

“Oleh karena itu, peran perpustakaan di negeri ini tidak akan pernah mati,” tegasnya, sembari menambahkan, “Teknologi Informasi bisa maju dan berkembang, tapi peran perpustakaan untuk bangsa dan negara ini tetap harus ada”. Melalui lomba bercerita seperti ini, lanjutnya, anak-anak kita juga akan mengenal beragam budaya yang ada di daerahnya. Karenanya, Hasan berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Juara bukanlah menjadi target utama kita, tetapi yang terpenting adalah kebersamaan kita, jalinan ikatan emosional kita dan semangat untuk menumbuhkan minat baca anak-anak kita yang tidak boleh padam,” tandasnya.

Senada dengan itu, Kepala Seksi Pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, H. Dinar, S.Sos selaku pelaksana kegiatan dalam laporannya mengatakan, melalui lomba bercerita ini kita membiasakan melatih anak untuk hidup cerdas, memiliki mental kreatif dan berkompetensi.

Menurut H. Dinar, Kegiatan ini diikuti peserta utusan dari 18 kabupaten/ kota se Sulsel, mereka adalah juara 1 lomba bercerita di tingkat kabupaten/ kota yang diutus mewakili daerahnya masing-masing ke tingkat provinsi. Nantinya mereka yang menjadi juara 1 di tingkat provinsi akan mewakili Sulsel ke lomba bercerita tingkat nasional di Jakarta. *(naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here