Nurul Khumairah dari Bantaeng Juara Satu Lomba Bercerita Tingkat Provinsi Sulsel

0
131
views

Apakabarkampus.com — Nurul Khumairah Siswa SDN Inpres Teladan Merpati Kabupaten Bantaeng berhasil meraih juara satu Lomba Bercerita bagi Siswa Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiah (SD/MI) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sulsel.

Lomba yang digelar dalam rangka peningkatan pembudayaan kegemaran membaca di kalangan siswa SD/MI ini, berlangsung selama dua hari, Kamis-Jumat (18-19/7) di halaman Gedung Layanan Perpustakaan DPK Sulsel Jl. Sultan Alauddin Km. 7 Tala’salapang Makassar, diikuti 18 peserta utusan dari kabupaten/kota se Sulsel.

Pada hari pertama digelar babak penyisihan. Seluruh peserta yang merupakan juara satu dari masing-masing kabupaten/kota , tampil bercerita dengan tema cerita rakyat bermuatan lokal, yang materinya diambil dari buku cerita rakyat yang berasal dari daerah/ budaya lokal masing-masing.

Lomba yang dibuka langsung Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, Moh. Hasan, S.H., M.H ini berlangsung seruh, masing-masing peserta tampil maksimal menunjukkan kepiawaian dan kemampuan terbaiknya dalam bercerita.

Para penonton dan pendukungpun sangat antusias menyaksikan lomba yang berlangsung hingga malam hari ini. Bahkan beberapa orang Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota yang hadir khusus untuk menyaksikan “jagoannya” bercerita, terlihat tak pernah beranjak dari arena lomba. Dengan penuh semangat mereka ikut menyaksikan penampilan seluruh peserta bahkan menunggu hingga diumumkannya peserta yang lolos ke babak final.

Dari 18 peserta yang berkompetisi di hari pertama, berdasarkan hasil penilaian tim juri, enam peserta dinyatakan lolos ke babak final. Mereka adalah M. Rafli Ramli dari UPT SD Inpres 10/73 Bajoe Kabupaten Bone, Aulia Ramadhani Ahmar Putri dari SDN Kompleks IKIP I Kota Makassar, Rahmat Hidayat dari SDN No. 7 Kabupaten Pinrang, Aqila Munifa Ahmad dari SDN No. 24 Salemba Kabupaten Bulukumba, Nurul Khumairah dari SDN Inpres Teladan Merpati Kabupaten Bantaeng dan Siti Nurklalbi dari SDN 11 Kota Parepare.
Kompetisi di hari kedua inipun makin seruh. Rahmat Hidayat yang tapil pertama, bercerita tentang Asal Mula Bujung La Pakkita, disusul oleh penampilan M.Rafli Ramli dengan judul cerita Manurunge Ri Matajang. Selanjutnya Nurul Khumaerah tampil menuturkan cerita tentang Asal Mula Eremerasa, Aulia Ramadhani Ahmar Putri bercerita tentang Ranggong Daeng Romo, Aqila Munifa Ahmad menceritakan tentang Munculnya Seorang Perempuan dari Seruas Pettung, dan peserta yang tampil terakhir Siti Nurkalbi dengan judul cerita Timun Mas.

Berdasarkan hasil penilaian tim juri yang terdiri dari Dr. Tutu Bahfiarti, S.Sos., M.Si Dosen Ilmu Komunikasi Unhas, Dr. Asniar Khumas, S.Psi., M.Si Psikolog dari UNM, dan budayawan serta penggiat literasi H. Darmawan Denassa, SS, maka ditetapkanlah Nurul Khumairah dari Kabupaten Bantaeng yang meraih nilai tertinggi sebagai juara I, disusul Aqila Munifa Ahmad dari Kabupaten Bulukumba sebagai juara II, M. Rafli Ramli dari Kabupaten Bone sebagai juara III, Aulia Ramadhani Ahmar Putri dari Kota Makassar juara harapan I, Rahmat Hidayat dari Kabupaten Pinrang juara harapan II dan Siti Nurkalbi dari Kota Parepare sebagai juara harapan III.
Usai pengumuman oleh tim juri.

Selanjutnya piala, piagam dan uang tunai apresiasi bagi para pemenang diserahkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel diwakili Sekretaris Dinas Ir. Lubis, M.T, di dampingi pelaksana kegiatan Kepala Seksi Pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca DPK Sulsel H. Dinar S.Sos.
Kemenangan inipun disambut penuh suka cita oleh Kapala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantaeng Dra. Estha Karim, M.Ikom, bersama sejumlah staf, pihak sekolah dan keluarga yang selama dua hari ini terus hadir di arena lomba, dan setia mendampingi serta memberi support kepada Nurul Khumairah yang sedang bertanding, hingga menorehkan prestasi yang membanggakan bagi jajaran pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bantaeng.

Dengan terpilihnya sebagai juara satu, maka Nurul Khumairah akan tampil mewakili Sulawesi Selatan pada lomba Bercerita Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Jakarta tanggal 2 sampai 6 September 2019. * (naz)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here