Kanwil Kemenkumham Sulsel Ajak Pelajar SMP Muhammadiyah 14 Mks Perangi Hoax

0
39
views

Apakabarkampus.com — Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru, merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.
SMP Muhammadiyah 14 Makassar merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah.

Sebanyak lima puluhan siswa baru mengikuti kegiatan orientasi sekaligus penyuluhan hukum yang digelar SMP Muhammadiyah 14 bekerja sama dengan Kanwil Kemenkumham Sulsel, Sabtu (20/7) di Aula SMP Muhammadiyah Mks Jl. Dg. Siraju 58 Makassar.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 14, Lisna, S.Ag.S.Pd.M.Pd menyambut baik kegiatan penyuluhan hukum yang sejalan dengan tema mos tahun ini yaitu membangun karakter menuju generasi mandiri.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kanwil Kemenkumham Sulsel yang berkenan berkunjung ke sekolah kami dan mengajak anak didik kami untuk selalu taat hukum dan cerdas hukum” kata Lisna.

Dalam giat tersebut Penyuluh hukum Kanwil Kemenkumham Sulsel mengajak pelajar untuk mengenali hoax dan bahayanya serta perangi hoax.

“Kita menyampaikan penyuluhan, kalau menerima informasi itu jangan cepat menyebarkan tapi diklarifikasi dulu dari mana sumbernya, tugas kita adalah belajar jangan ditambah lagi dengan tugas harus memenuhi panggilan kepolisian” kata Puguh.

Puguh juga menyebutkan penggunaan gadget dikalangan pelajar memberikan resiko tersendiri apabila tidak disertai dengan pemahaman literasi dan penyuluhan terkait bahaya menyebarkan konten hoax.

Sementara penyuluh hukum Serli memberikan penyuluhan seputar bulying yang kerap terjadi di masa-masa orientasi sekolah.

“Sering terjadi kasus bulying yang dilakukan oleh senior terhadap adik2nya yang yunior ketika masa orientasi sekolah seperti ini” kata Serli.

Serli juga berharap para pelajar khususnya siswa SMP Muhammadiyah 14 Makassar dapat lebih cermat, bijak dan cerdas dalam bertindak karena semuanya ada sanksi hukum. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here