Perpusnas Gelar Sosialisasi Gerakan Literasi Bung Hatta di Makassar

0
134
views

Apakabarkampus.com — Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Proklamator Bung Hatta melaksanakan kegiatan Sosialisasi Gerakan Literasi Bung Hatta di Hotel Singgasana Makassar, Rabu (24/7).

Kegiatan ini dibuka Kepala Perpusnas RI yang diwakili Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Dra. Woro Titi Haryanti, M.A.

Dalam sambutannya sesaat sebelum membuka acara tersebut, Woro menjelaskan bahwa kehadirannya di sini adalah untuk memperkenalkan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan Perpustakaan Nasional. Tugas dan fungsinya adalah, menghimpun, mengelola, melestarikan, mengembangkan, mendayagunakan koleksi tentang Bung Hatta.

Menurutnya, saat ini koleksi khusus Bung Hatta yang dimiliki UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta adalah 161 judul sebanyak 500 eksemplar, ini karya Bung Hatta. Koleksi yang ada di Perpustakaan Bung Hatta sendiri saat ini ada sekitar 145 ribu eksemplar.

“Kami terus berupaya untuk mengumpulkan karya-karya tentang Bung Hatta. UPT ini juga merupakan pusat kajian Bung Hatta, di mana akan dikembangkan seluruh sumber daya yang ada untuk dipergunakan sebagai pusat kajian pemikiran Bung Hatta,” jelasnya sembari mengajak “Mari kita baca, pelajari, telaah, hayati dan terapkan pemikiran Bung Hatta, tentang Politik, Agama, Ekonomi dan sebagainya, dan teladani sikap dari Bung Hatta, di mana hal-hal tersebut masih sangat relevan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini”.

“Kami hadir di sini juga untuk menyebarluaskan pandangan dan pemikiran Bung Hatta, terkait dengan nilai-nilai dan karakter kecintaan Bung Hatta terhadap ilmu pengetahuan dan buku,” imbuhnya.

Menurutnya, Bung Hatta memiliki perspektif ilmu pengetahuan yang lengkap dan luas, wawasan intelektualnya sangat jauh ke depan. Beliau merupakan seorang intelektual religius, menurut beliau ilmu dan agama sebagai kerangka nilai untuk mencipatakan kehidupan berbangsa dan bernegara yang adil dan makmur, beliau juga sangat suka membaca dan mencintai buku.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, Moh. Hasan, SH, MH dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas perhatian yang luar biasa dari Perpustakaan Nasional RI yang telah menempatkan beberapa pelaksaan kegiatannya di Sulawesi Selatan. Sosialisasi ini adalah kegiatan yang kesembilan, besok ada lagi Sosialisasi e-Resources, iPusnas dan IOS, dan itu adalah kegiatan yang kesepuluh Perpusnas di Sulsel.

Hasan mengharapkan, melalui sosialisasi gerakan literasi Bung Hatta ini, menjadi cerminan bagi kita semua, khususnya para penggiat literasi, bahwa Bung Hatta adalah salah satu tokoh literasi yang harus kita contoh sama-sama.

Pada kesempatan itu, Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, Purwanto, S.IPI dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang keempat di tahun 2019, sebagai rangkaian kegiatan sosialisasi ide, gagasan dan pemikiran Bung hatta yang diselenggarakan di beberapa daerah di Indonesia, dimulai dari Bandung Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Blitar Jawa Timur dan terakhir di Makassar Sulawesi Selatan.

Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini, jelas Purwanto, adalah untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat terhadap figur, karakter keteladanan , gagasan serta pemikiran Bung Hatta sebagai salah satu tokoh dan pendiri bangsa kepada masyarakat, khususnya generasi muda sehingga diharapkan karakter, gagasan serta pemikiran beliau dapat terinternalisasikan pada saat sekarang dan di masa yang akan datang.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat nasionalisme bagi generasi penerus bangsa, serta menjadikan perpustakaan sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat dalam mencerdaskan dan melestarikan nasionalisme Indonesia,”ujarnya.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dalam bentuk diskusi panel dengan menghadirkan tiga narasumber, masing-masing Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Dra. Woro Titi Haryanti, M.A. Guru besar Sejarah Ekonomi Politik Universitas Negeri Padang Prof Dr. Mestika Zed, MA dengan judul materi Bung Hatta dan Tradisi Membaca dan Menulis, dan Guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas Prof. Dr. Muhammad Yunus Zain dengan judul materi Ekonomi Kerakyatan Ala Bung Hatta, dipandu oleh moderator Koordinator Pustakawan Sulsel Syamsul Arif, S.Sos, M.A.

Kegiatan ini, diikuti 200 orang peserta terdiri dari pegawai struktural dan fungsional di lingkup Dinas Perpustakaan Provinsi, Kabupaten/Kota di wilayah Sulsel, dosen dan mahasiswa, guru/ pengelola perpustakaan sekolah, serta media cetak dan elektronik.* (naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here