Tumbuhkan Minat Baca Anak Sejak Dini, TK Anak Shaleh To Iporannu Gelar Kegiatan Gernas Baku dan Sedekah Dongeng

0
79
views

Apakabarkampus.com — Setelah sukses menggelar kegiatan pencanangan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) pada tahun 2018 lalu, maka pada tahun ini TK Anak Shaleh To Iporannu Kabupaten Gowa, kembali menggelar kegiatan Gernas Baku yang dirangkaikan dengan Sedekah Dongeng.

Kegiatan yang berlangsung di teras depan Gedung TK Anak Shaleh To Ioprannu, Sabtu (27/7) ini, diikuti sekitar 100 orang peserta terdiri dari orang tua murid dan anak didik TK Anak Shaleh To Iporannu.

Kemeriahan kegiatan yang dipandu oleh MC, St. Dzarah B. Khalid penyiar TVRI Sulsel yang juga adalah salah satu orang tua murid di TK Anak Shaleh To Iporannu ini, diawali dengan menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan gerak dan lagu Gernas Baku.

Usai menyanyikan lagu Gernas Baku, para orang tua murid beranjak untuk mengambil dan memilih buku cerita anak yang telah disiapkan di pojok literasi ataupun buku-buku cerita anak yang disiapkan melalui Layanan Mobil Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel. Setelah itu, barulah masuk ke acara inti di mana masing-masing orang tua murid membacakan buku kepada anak-anaknya.

Keseruan acara ini, dilanjutkan dengan kegiatan dongeng oleh Rian Aprilia Yunus dari Rumah Dongeng Indonesia. Dan kegiatan ini diakhiri dengan pengumpulan sedekah dari guru, orang tua murid dan peserta didik untuk membantu anak-anak yatim oleh Joharni tim dari Laznas Yatim Mandiri.

Kepala TK Anak Shaleh To Iporannu Marhaya, S.Ag, M.Pd, menjelaskan kegiatan Gernas Baku ini adalah kegiatan yang dicanangkan Pemerintah pada tahun 2018 lalu, merupakan sebuah gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, di satuan PAUD dan di masyarakat.

“Jadi melalui kegiatan ini kami mengajak orang tua untuk membiasakan membacakan buku untuk anak-anaknya. Dengan membacakan buku untuk anaknya maka akan semakin mempererat hubungan sosial-emosi antara anak dengan orang tuanya,” jelasnya.

Tujuan utama dari Gernas Baku ini, lanjut Marhaya adalah untuk menumbuhkan minat baca anak sejak dini. Sedangkan Sedekah Dongeng bertujuan, selain untuk mendidik dan menghibur anak-anak dengan dongeng Islami, anak-anak juga dilatih sejak dini untuk menumbuhkan kepekaan sosial dan semangat untuk berbagi dengan sesama melalui kegiatan sedekah.

Oleh karena itu menurutnya, kegiatan seperti ini akan terus dilakukan secara rutin dan berkala di TK Anak Shaleh To Iporannu, dengan melibatkan orang tua dan bekerja sama dengan pihak terkait lainnya.

“Untuk kegiatan Gernas Baku dan Sedekah Dongeng kali ini, kami di dukung oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan dengan layanan Perpustakaan Keliling, Rumah Baca Al-Muallim, Sedekah Dongeng Yatim Dhuafa, Rumah Dongeng dan Laznas Yatim Mandiri,” kunci Marhaya. * (naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here