Unhas Tuan Rumah Konferensi Tahunan ke-8 Komunikasi, Jaringan, dan Satelit

0
17
views

Apakabarkampus.com — Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin dipercaya menjadi tuan rumah even tahunan ke-8 bertajuk The 2019 IEEE International Conference on Communication, Networks, and Satellite (The 8th IEEE COMNETSAT 2019). IEEE merupakan organisasi internasional para insinyur dan ahli teknologi dalam bidang elektro. Konferensi tahunan ini diselenggarakan oleh IEEE Communication Society (ComSoc) Chapter Indonesia.

Event tahun ini dirangkaikan dengan dengan WISHY (Women In Engineering, Industry Relations, Student Humanitarian and Young Profesional). Kegiatan ini berlangsung di Hotel Four Points By Sheraton, Kamis – Sabtu (1-3/08/2019).

Pembukaan The 8th IEEE COMNETSAT 2019 berlangsung pada Kamis (1/8) oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Sumber Daya Manusia, Prof. Dr. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil.

Turut hadir dalam acara pembukaan antara lain Prof.Anton Satria Prabuwono (King Abdulaziz University, Saudi Arabia), Dr. Ign. Wiseto Prasetyo Agung (PT. Telekom Indonesia), Dr. Dewiani (Ketua Panitia COMNETSAT 2019), Dr.Kurnianigsih (Wakil dari IEEE Indonesia Section), Dr. Rina Puji Astuti (IEEE ComSoc Indonesia Chapter), Dr. Nur Afny C. Andryani (WISHY Congress), serta civitas akademik Unhas dan mahasiswa Departemen Teknik Elektro Unhas.

Dalam sambutannya, Prof. Sumbangan Baja menjelaskan bahwa The IEEE COMNETSAT 2019 ini menjadi salah satu sarana bagi para peneliti dari seluruh dunia untuk mendiskusikan hal-hal terkait bidang komunikasi, jaringan, maupun sistem satelit. Diharapkan, dari adanya forum ini akan menghadirkan ide-ide baru yang bisa bermanfaat dalam bidang komunikasi, jaringan maupun satelit.

“Ini merupakan salah satu wadah yang efektif untuk melakukan diskusi bagi para peneliti. Diharapkan akan muncul ide-ide yang bermanfaat dalam bidang komunikasi, jaringan maupun satelit. Saya juga mengucapkan selamat datang di Makassar, suatu kehormatan Unhas bisa menjadi tuan rumah dari acara besar ini,” kata Prof. Sumbangan.

Dr. Dewiani, Sekretaris Departemen sekaligus Ketua Panitia menjelaskan bahwa IEEE COMNETSAT 2019 ini diikuti oleh peserta dari Indonesia dan berbagai penjuru dunia. Dirinya berharap berharap forum ini bisa memberikan jawaban atas pertanyaan terbuka guna mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa depan. Selain itu, beliau berharap konferensi ini bisa menjadi gambaran kepada mahasiswa untuk berperan aktif dalam mengikuti konference, meningkatkan ketertarikan mahasiswa untuk melakukan penelitian serta tentu meningkatkan partisipasi dosen.

“Sebagai tuan rumah, suatu kehormatan dan kesenangan yang besar untuk menyambut anda semua di Kota Makassar. Kami menerima 20 makalah yang berasal dari 10 negara. Berbeda dengan konferensi internasional lainnya, IEEE ComSoc Chapter Indonesia menerapkan seleksi sangat ketat. Hasilnya, hanya 15 makalah yang diterima untuk presentasi lisan dan poster,” kata Dewiani.

Seleksi makalah dilakukan oleh setidaknya lima anggota Komite Program Internasional IEEE. Terdapat dua makalah yang ditulis oleh civitas akademika Unhas, yaitu: “Design of Reconfigurable Planar Inverted F Antenna for 5G Implementation” dan “A Smart Card Based Campus Dental Clinic Services: Experimental Test” yang ditulis oleh Dewiani dan Elyas Palentei.

Konferensi ini akan berlangsung hingga Sabtu, 3 Agustus 2019. *(humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here