KKN ENJ Unhas Rampungkan 17 Program Kerja Desa Pulau Persatuan Sinjai

0
26
views

Apakabarkampus.com – Sejumlah 22 Mahasiswa yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Universitas Hasanuddin telah menyelesaikan tujuh belas program kerja yang terbagi dalam empat divisi yaitu lingkungan, pendidikan, ekonomi, dan kesehatan.

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih satu bulan telah menuntaskan dan memberikan beberapa solusi permasalahan masyarakat Desa Pulau Persatuan Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Sinjai.

Pemberangkatan berlangsung pada tanggal 25 Juni 2019 bersama Supervisor Dr. Syahribulan, M. Si. menuju posko KKN di Pulau Kanalo II.

“Besar harapan saya kalian mampu memberikan inovasi yang terbaik setiap permasalahan masyarakat desa pulau persatuan.” Ungkapnya.

Selanjutnya, observasi yang berlangsung selama kurung satu pekan melahirkan sejumlah program kerja yaitu Divisi Lingkungan (transplantasi karang, sosialisasi alat tangkap ramah lingkungan, marine debris, penyuluhan tanaman hidroponik, dan penyuluhan UU perlindungan biota laut), Divisi Pendidikan (sekolah pesisir, generasi maritim, kelas inspirasi, perpustakaan bahari, dan festival anak pesisir), Divisi Kesehatan (pemeriksaan kesehatan, sosialisasi PHBS, penyuluhan kesehatan reproduksi, dan penyuluhan tanaman obat keluarga), Divisi Ekonomi (pelatihan kewirausahaan, pelatihan kerajinan tangan, dan literasi keuangan).

“Penarikan dilaksanakan pada Selasa pagi, 31 Juli 2019 bersama KKN Unhas se-Kecamatan Pulau Sembilan, kami berangkat dari Pulau Kanalo II yang merupakan lokasi posko KKN menuju Pelabuhan Cappa Ujung Sinjai,” jelas Suhandi selaku Koordinator KKN ENJ, saat ditemui di Kampus Unhas, (1/08/2019).

Selain proker utama, terdapat beberapa program insidentil seperti Wakaf Al-quran, Program Pendataan Stunting, dan Perbaikan Sarana dan Prasarana Desa.

“Pendataan stunting menjadi program kerja kecamatan yang tentunya dilaksanakan semua mahasiswa KKN Unhas se-Kecamatan Pulau Sembilan Sinjai, yang dianggap suatu isu nasional yang efeknya betul-betul menjangkiti perkembangan anak.” Jelas Kepala Desa Pulau Persatuan H. Ibrahim, S.Ip.

Harapannya semoga ketujuh belas program kerja dapat memberikan perubahan dan inovasi baru bagi masyarakat Desa Pulau Persatuan Sinjai terutama di bidang maritim Pulau Sembilan.(*)

 

 

Enol Syahyadi

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here