Rektor UT: Konsep Belajar Jarak Jauh Berasal dari Aneka Sumber

0
11
views

Apakabarkampus.com — Pembelajaran jarak jauh atau distance learning merupakan paradigma baru dalam pembelajaran. Pembelajaran tidak lagi dikonstruk secara tatap muka tetapi dapat dilakukan jarak jauh.

Hal itu disampaikan Rektor Universitas Terbuka dalam paparan makalahnya di depan peserta Seminar Nasional Diesnatalis ke-55 FT UNM dengan tema “Membangun Karakter Bangsa Melalui Internet of Things pada Era Revolusi Industri 4.0” pada Sabtu (31/8) di Ballroom Theater Lt.3 Pinisi UNM.

Menurut Prof.Drs. Ojat Darojat,M.Bus.,PH.D. pembelajaran online yang dikenal juga dalam jaringan (daring) merupakan kebutuhan. Sumber pembelajaran daring tidak lagi terpusat pada dosen/guru. Dosen dan mahasiswa bertindak sebagai pembelajar.

Wakil Rektor I yang mewakili Rektor UNM, Prof.Dr.ret nat Muharram,M.Si. mengatakan, kemajuan internet telah mengubah sikap dan perilaku manusia. Era digital mengantar banyak kemudahan dalam berinteraksi dan berbelanja. Karena itu, mahasiswa harus cerdas menggunakan internet.

Dekan FT UNM dalam sambutannya, menjelaskan bahwa kegiatan seminar nasional merupakan rangkaian kegiatan menyambut diesnatalis ke-55 FT yang lahir pada tgl 1 September 1964. Sejarah lahirnya FT diawali bernaung di Unhas, setelah itu di UNY dan akhirnya berdiri sendiri di FPTK IKIP Makassar.

Prof.Dr.H.Muhammad Yahya,M.Kes.,M.Eng. merasa bangga karena selalu meningkat dan sekarang terdata sekira 4.200 orang dengan guru besar sebanyak 15 orang. Hal ini membuktikan kalau FT semakin diminati masyarakat terutama prodi Pendidikan Teknik Informatika.

Terkait seminar ini, Guru Besar Pendidikan Vokasi Kejuruan itu mengapresiasi positif. Menurutnya, kegiatan seminar nasional sebagai wadah penyebarluasan ilmu kepada masyarakat. Dosen dan mahasiswa berkepentingan dengan kegiatan ilmiah ini.

Dr. Mustari Lamada,MT, selaku ketua panitia melaporkan sekira 64 pemakalah, selain pemakalah utama Prof.Drs.Ojat Darojat, M.Bus.Ph.D. dan Dr.Indrabayu,ST.,MT.,M.Bus.Sys. Jumlah peserta sekira 525 orang.

Turut hadir dalam kegiatan seminar, yaitu Wakil Rektor IV, Direktur PPs dan para Dekan, para Wakil Dekan se-FT, ketua jurusan/prodi, dan seluruh dosen.

Puncak acara milad ke-55 FT dilaksanakan Senin (2/9) dengan Rapat Senat Terbuka FT dan besok Minggu (1/9) dilakukan gerak jalan santai yang akan dihadiri Rektor dan semua pimpinan serta alumni FT. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here