Manfaatkan Limbah Sabun Bekas jadi Sabun Siap Pakai

0
14
views

Apakabarkampus.com – Sebagai kota yang ingin menghabiskan diri sebagai kota meeting, incentive, conference and exhibition atau MICE, keberadaan hotel di Makassar menjadi sebuah keniscayaan. Kota ini menjadi salah satu pilihan hunian bagi para tamu yang datang.

Dengan jumlah ribuan kamar yang tersedia, tersisa tumpukan sabun bekas pakai para tamu. Ini kemudian menjadi limbah.

Industri hotel diharapkan memanfaatkan limbah sabun menjadi sabun layak pakai. Seperti yang dilakukan grup Accorhotels.

Grup Accorhotels Makassar tak henti-hentinya mengadakan kegiatan sosial, salah satunya dengan melalukan penandatangan MoU/ Nota Ksesepahaman untuk sebuah project “Soap For Hope” bersama Diversey dan Yayasan Yatim Mandiri.

Dimana project ini merupakan salah satu bagian dari beberapa project peduli lingkungan yang dilakukan oleh Accorhotels di seluruh dunia khususnya di Indonesia, yang lebih dikenal dengan Planet 21 yang bertujuan untuk mengolah limbah sabun bekas yang berasal dari kamar hotel menjadi sabun layak pakai.

“Ini salah satu cara bagaimana pengolahan limbah yang ada di hotel, disamping itu project ini bisa dimanfaatkan dan dijual, lalu hasilnya bisa langsung diberikan kepada Yayasan Yatim Mandiri untuk wilayah Makassar,” ungkap I Gede Pratama Suarmandika, General Manager Ibis Makassar City Center.

Seperti diketahui bahwa Grup Accorhotels Makassar akan mengumpulkan sabun bekas dari hotel-hotel jaringan grup Accorhotels di Makassar yaitu Ibis Makassar City Center, Novotel Makassar Grand Shayla, Ibis Styles Makassar Sam Ratulangi, Ibis Budget Makassar Airport dan Mercure Makassar Nexa Pettarani, yang kemudian akan diserahkan kepada Yatim Mandiri untuk di daur ulang dengan melewati tahapan “sanitasi” hingga layak untuk digunakan kembali, yang mana alat dan bahan daur ulang sabun tersebut sepenuhnya disediakan oleh Diversey.

“Kami berharap dengan adanya project ini tidak hanya terbatas kepada hotel jaringan Accorhotels saja, namun dapat di perluas dengan mengajak partisipas hotel lainnya yang ada di Makassar untuk program peduli lingkungan ini,” tutur Gede.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here