Perpusnas Gelar Sosialisasi Sertifikasi Pustakawan di Sulsel

0
44
views

Apakabarkampus.com — Perpustakaan Nasional RI bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan kembali menggelar kegiatan Sosialisasi Sertifikasi Pustakawan di Hotel Aryaduta Makassar, Kamis (12/9).

Kegiatan yang dibuka Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Moh. Hasan Sijaya, SH, MH ini diikuti 50 orang peserta terdiri dari pustakawan dari berbagai jenis perpustakaan se- Sulawesi Selatan, baik perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi maupun perpustakaan khusus instansi lembaga pemerintah.

Sosialisasi Sertifikasi Pustakawan yang menghadirkan Narasumber Pustakawan Utama Perpusnas RI, Dra. Alfiah bersama dua pustakawan lainnya Yudha Widiatmono dan Ardita Dwi Angraeni ini, bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap pustakawan tentang pentingnya mengikuti sertifikasi pustakawan, selain itu untuk mengukur kompetensi pustakawan baik secara personal maupun secara fungsional, serta untuk mengantisipasi persaingan kerja secara global dalam bidang perpustakaan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Moh. Hasan dalam sambutannya menegaskan bahwa harkat, martabat, derajat, keberadaan perpustakaan baik pada tingkat nasional maupun pada tingkat provinsi itu sangat-sangat bergantung kepada kemampuan dan performance pustakawan itu sendiri.

“ Kalau perpustakaan kita mau dilihat maju bukan dari fisiknya saja. Jangan sampai pusat sudah memberikan kita dana DAK-lah, dana Dekon-lah sehingga perpustakaan kita sudah cantik, koleksinya sudah bagus, ternyata kemampuan pustakawan kita standar, IT saja tidak paham,” papar Hasan.

Oleh karena itu, lanjutnya, pustakawan harus selalu meningkatkan kemampuannya, pustakawan harus selalu mengupgrade ilmu baru, apalagi perpustakaan kita sekarang berbasis inklusi sosial.

“Kita harus menghilangkan image bahwa jabatan pustakawan itu tempat transitnya orang yang mau pensiun,” tandasnya.

Di akhir sambutannya Hasan berharap agar peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga ilmunya dapat bertambah, dan pada akhirnya nanti ini akan menjadi bekal bagi para peserta dalam mengikuti kegiatan sertifikasi pada tahap selanjutnya. * (naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here