Lubis: Pengelola Perpustakaan Harus Terampil dan Andal

0
96
views

Apakabarkampus.com — Untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme pengelola perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, kembali menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Perpustakaan Angkatan II Tahun 2019.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari (25-27/9) di Hotel Grand Imawan Makassar ini, dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili Sekretaris Dinas, Ir. Lubis, MT, Rabu (25/9).

Turut hadir pada acara pembukaan tersebut Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan Drs. H. Andi Ahmad Saransi, M.Si, Ketua Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Sulawesi Selatan Nilma, S.Sos, MM, Kepala Seksi Pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca DPK Sulsel, H. Dinar, S.Sos.

Dalam sambutannya yang dibacakan Lubis, Kadis DPK menegaskan keberadaan perpustakaan sebagai wahana untuk mencerdaskan bangsa dapat terwujud apabila dikelola secara profesional sesuai dengan kaidah dan standar penyelenggaraan perpustakaan yang berlaku. Untuk itu penyelenggaraan perpustakaan selain harus ditopang dengan ketersediaan sarana dan prasarana fisik yang memadai, juga harus didukung oleh tenaga pengelola yang terampil dan berdedikasi tinggi.

“Pengelola perpustakaan harus terampil dan andal” tegas Lubis. Oleh karena itu, lanjutnya, diperlukan pola pembinaan dan pengembangan tenaga yang terpadu, sistematis dan berkesinambungan, Salah satu bentuk pembinaan dimaksud adalah melalui bimbingan teknis perpustakaan.

Selain itu menurut Lubis, pustakawan dan tenaga pengelola perpustakaan juga harus dibekali dengan pembinaan semangat berorganisasi, pembinaan pelayanan teknis, pembinaan peningkatan layanan dan pembinaan moral kerja.

Sementara itu Kepala Seksi Pembinaan Tenaga Perpustakaan DPK Sulsel, Syamsuddin, S.S, MM selaku penyelenggara kegiatan dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini diikuti 40 orang peserta dari berbagai jenis perpustakaan yang ada di Sulawesi Selatan, dengan menghadirkan pemateri pejabat struktural dan fungsional lingkup Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel. * (naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here