Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, Sukses Gelar Pekan Perpustakaan Dalam Rangka Hari Jadi Sulsel ke- 350

0
11
views

Apakabarkampus.com — Perpustakaan memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk itu, pemerintah baik pemerintah pusat, pemerintah daerah dan berbagai komponen masyarakat lainnya terus mengupayakan pengembangan perpustakaan sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat.

Upaya pengembangan dan pemberdayaan perpustakaan dilaksanakan untuk mewujudkan Indonesia Cerdas melalui gemar membaca ini dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan, salah satunya adalah melalui kegiatan Pekan Perpustakaan.

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan, Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H, Kegiatan Pekan Perpustakaan merupakan agenda rutin setiap tahunnya yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, dan pelaksanaannya pada tahun ini lebih istimewa dari tahun-tahun sebelumnya karena dirangkaikan dengan Peringatan Hari Jadi Sulawesi Selatan ke-350.

Kegiatan Pekan Perpustakaan Tahun 2019 dilaksanakan di halaman depan Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Jl. Sultan Alauddin Km. 7 Tala’Salapang Makassar, berlangsung selama tiga hari (14-17/10) mulai pagi hingga malam hari, yang dilaksanakan dalam bentuk Pameran Buku (Book Fair) dan koleksi perpustakaan lainnya, serta pameran berbagai produk hasil binaan perpustakaan sebagai bagian dari Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (Literasi untuk Kesejahteraan).

Selain itu juga dilaksanakan berbagai kegiatan lomba yaitu, Lomba Mewarnai tingkat taman Kanak-Kanak se-Sulsel, Lomba Pidato Perpustakaan tingkat SMP/MTs se- Sulsel, Lomba Cerdas Cermat dan Lomba Sinopsis Buku tingkat SMA/ SMK/ MAN se- Sulsel dan Lomba Mars Perpustakaan antar pustakawan dan pengelola perpustakaan se- Sulsel yang dilaksanakan oleh Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Sulsel. IPI Sulsel juga melaksanakan Senam Bersama Pustakawan se Sulsel.

Kegiatan yang mengusung tema Transformasi Perpustakaan untuk Sulsel lebih baik ini, dibuka Gubernur Sulsel yang diwakili Sekda Prov. Sulsel Dr. Abdul Hayat, MSi, turut dihadiri ibu Gubernur, Ny. Ir. Hj. Liestiaty F. Nurdin, M. Fis, yang pada rangkaian kegiatan pembukaan Pekan Perpustakaan itu dikukuhkan sebagai Bunda Baca Provinsi Sulawesi Selatan oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs. Muh. Syarif Bando, MM. Juga hadir beberapa orang mantan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Sulsel, tokoh penggiat literasi, para kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kota se-Selsel, Penyandang Disabilitas dan sejumlah undangan lainnya.

Kepala DPK Sulsel, Hasan Sijaya dalam laporannya pada kesempatan itu mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menggalakkan promosi gemar membaca dan mendekatkan masyarakat ke perpustakaan serta meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penyelenggaraan perpustakaan guna mendukung terwujudnya bangsa yang cerdas, produktif, inovatif dan kompetitif.

Didukung Pemprov Sulsel dan Perpusnas RI

Baik Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan maupun Kepala Perpustakaan Nasional RI yang tampil menyampaikan sambutan pada kesempatan itu, memberi apresiasi yang sangat positif terhadap pelaksanaan kegiatan ini.

Sekda Abdul Hayat bahkan berjanji akan memberi perhatian khusus termasuk dukungan anggaran APBD untuk pengembangan perpustakaan dan peningkatan minat baca masyarakat. Demikian juga Kepala Perpusnas RI, Muh. Syarif Bando. Putra asal Enrekang ini akan memberi dukungan anggaran untuk pembangunan infrastruktur perpustakaan dan pembinaan serta peningkatan kegemaran membaca masyarakat.

Selain itu peran Bunda Baca yang bersinergi dengan DPK Sulsel khususnya dalam menghadirkan dan membina Perpustakaan Lorong di Sulsel, juga akan dimaksimalkan. Perpustakaan harus hadir dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Usai pembukaan Pekan Perpustakaan dilanjutkan dengan kegiatan Talkshow Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca dengan menghadirkan narasumber Kepala Perputakaan Nasional RI, Muh. Syarif Bando dan Psikolog UNM/ penggiat Literasi Sulsel Dr. Asniar Khumas, S.Psi, M.Si. dipandu moderator Dr. Eddyman W Ferial.

Masih dalam rangkaian Pekan Perpustakaan tahun 2019, DPK Sulsel juga menggelar Roadshow Pengembangan Kegemaran Membaca dengan narasumber Bachtiar Adnan Kusuma, Andhika Mappasomba dan M. Anis Kaba dipandu Moderator Duta Baca Sulsel Rezky Amalia Syafiin.

Hasil Penilaian Lomba

Kegiatan Pameran dalam rangka Pekan Perpustakaan tahun 2019 ini diikuti 17 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/ Kota, 6 Perpustakaan Perguruan Tinggi, 3 Perpustakaan Khusus Instansi Pemerintah, 11 Penerbit dan Toko Buku, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Sulsel dan Dharma Wanita Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Sulsel.

Berdasarkan penilaian tim Juri Pameran, Stand DPK Kota Palopo ditetapkan sebagai Stand Terkreatif, Stand Dinas Perpustakaan Kota Makassar sebagai Stand terinovatif, Stand dengan Pengunjung teramai diraih DPK Toraja Utara, dan Stand terindah diraih DPK Kabupaten Selayar.

Sementara untuk Lomba Mewarnai, Juara I, II dan III masing-masing diraih oleh Muh. Al Fatih, Andi Wilda dan Aisyah Rani semuanya dari Kabupaten Bulukumba, Juara Harapan I Andi Bumi dari TK Pembina Sinjai, Juara Harapan II Afiqah Ramadhani dari PAUD YATBA, dan Juara Harapan III Auliah Ramadhanjuga dari Kabupaten Sinjai.

Untuk Lomba Pidato Juara I diraih oleh Alfavany Deswita dari Kabupaten Soppeng, Juara II Andi Umrah K dari Kabupaten Bulukumba dan Juara III Aqila Nailatul Izzah dari Kota Makassar. Untuk Lomba Cerdas Cermat Juara I SMA Negeri I Luwu Timur, Juara II SMA Negeri I Takalar dan Juara III SMA Negeri I Soppeng. Lomba Mars Perpustakaan Juara I DPK Kabupaten Luwu Timur, Juara II DPK Kabupaten Takalar dan Juara III DPK Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan Pekan Perpustakaan yang diharapkan dapat menjadi percontohan bagi provinsi lain di seluruh Indonesia ini, ditutup oleh Sekretaris DPK Sulsel Ir. Lubis, M.T, yang sekaligus menyerahkan trofi, sertifikat dan hadiah lomba.* (naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here