Thoriq Husler Berkomitmen Memajukan dan Mengembangkan Perpustakaan di Luwu Timur

0
10
views

Apakabarkampus.com — Bupati Luwu Timur, Ir. Muh. Thoriq Husler berkomitmen akan memajukan dan mengembangkan perpustakaan yang ada di Luwu Timur, dan akan terus mendorong peningkatan kegemaran membaca masyarakat sebagai upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dengan membaca, kata Husler, kita akan memperoleh banyak informasi dan ilmu pengetahuan, sehingga kita akan terbuka mengetahui peluang-peluang apa yang kita bisa kerjakan. Membaca dapat mendorong peningkatan usaha masyarakat, baik itu usaha kegiatan sehari-hari maupun usaha di bidang pertanian dan lain-lain, sehingga pendapatan dan kesejahteraannyapun akan meningkat. Sebaliknya masyarakat yang malas membaca adalah masyarakat yang tidak cerdas, dan ini merupakan salah satu penghambat dalam melaksanakan pembangunan.

Oleh karena itu, sebagai komitmen Pemerintah Kabupaten Luwu Timur untuk memajukan dan mengembangkan kegiatan perpustakaan menurut Husler, pada tahun 2020 atas bantuan dari Perpustakaan Nasional RI dan fasilitasi dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan dibangun gedung perpustakaan yang besar di Luwu Timur dengan anggaran sekitar 10 Milyar.

“Desainnya sudah saya siapkan, lokasinya juga sudah ada, tinggal realisasi pembangunannya. Mudah-mudahan bulan dua atau bulan tiga tahun depan kita sudah bisa memulai kegiatan fisik pelaksanaan pembangunannya,” kata Husler dalam sambutannya sesaat sebelum membuka Kegiatan Roadshow Pengembangan Kegemaran Membaca yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timur di Gedung Sasana Praja Kantor Bupati Luwu Timur, Kamis (7/11).

Pada kesempatan itu, Husler juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan yang terus memfasilitasi, terutama dalam pembinaan dan pengembangan program-program kegiatan perpustakaan dan peningkatan kegemaran membaca masyarakat di Luwu Timur, termasuk melalui kegiatan Roadshow ini.

“Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan peran dan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat di Luwu Timur, untuk bersama-sama melaksanakan program-program terkait dengan upaya menumbuhkan minat baca masyarakat kita,” ujar Husler, sembari menambahkan, “Jujur saja kita menyampaikan bahwa minat baca di negara kita ini presentasinya tidak sebanding dengan yang kita harapkan dibanding dengan negara-negara yang lain, termasuk kita di Luwu Timur minat baca masyarakat kita belum sesuai dengan yang kita harapkan.

Menurutnya, di negara lain terutama negara yang sudah maju minat baca masyarakatnya itu luar biasa. Dari anak kecil itu tidak pernah lepas dari buku, mereka diransang dengan cerita-cerita komik dan sebagainya, dari kecil sudah dibiasakan oleh orang tuanya, membawa mereka ke taman-taman baca, membawa ke toko-toko buku dan sebagainya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan Drs. H. A. Ahmad Saransi, MSi, dalam sambutannya memberi apresiasi yang sangat positif terhadap pembinaan dan pengembangan kegiatan perpustakaan di Kabupaten Luwu Timur, dan ini menjadi salah satu alasan mengapa kegiatan Roadshow Pengembangan Kegemaran Membaca Provinsi Sulawesi Selatan ini ditempatkan di Luwu Timur.

Tujuan dari kegiatan Roadshow ini menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timur, Satri, SE dalam laporannya adalah untuk mempromosikan dan mengkampanyekan perpustakaan serta meningkatkan kegemaran membaca masyarakat.

Satri yang juga tampil sebagai salah satu narasumber pada Kegiatan Roadshow yang mengusung tema “Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial menuju Luwu Timur Terkemuka 2021”ini menjelaskan bahwa, kegiatan ini diikuti sekitar 350 orang peserta terdiri dari kepala desa, kepala sekolah, seniman, tokoh agama, tokoh masyarakat, siswa, pengelola perpustakaan desa, pengelola perpustakaan sekolah, insan pers, komunitas literasi, organisasi pemuda dan organisasi perempuan.

Narasumber lain yang tampil sebagai pemateri dalam kegiatan Roadshow yang dipandu moderator Yulianus, S.Sos ini adalah Ketua Komisi I DPRD Luwu Timur Ir. Hj. Harisah Suarjo dan Hj. Haslinda Wahab, SKM, M.Kep dari Dewan Pendidikan Kabupaten Luwu Timur.

Acara pembukaan Roadshow ini juga dihadiri Sekda Luwu Timur, Drs. H. Bahri Suli, M.M bersama jajaran OPD Kabupaten Luwu Timur, pimpinan instansi vertikal, BUMN/BUMD, unsur perbankan, Camat, Kepala Desa tokoh agama dan tokoh masyarakat di Luwu Timur.

Pada acara pembukaan kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan kepada Pengelola Perpustakaan Desa berprestasi di Luwu Timur, kemudian penghargaan kepada putra putri Luwu Timur yang aktif menulis buku dan bukunya disimpan di perpustakaan Luwu Timur. Juga ada penyerahan bantuan Motor Baca dari Pimpinan Bank Sulselbar Cabang Luwu Timur ke Pemerintah Kabupaten Luwu Timur yang diterima langsung Bupati Luwu Timur. *(naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here