Pendampingan JICA-CBEST Berakhir, Ini Hasil Capaian Fakultas Teknik Unhas

0
15
views

Apakabarkampus.com — Proyek pendampingan Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam proses peningkatan kapasitas bidang keteknikan, sains dan teknologi atau lebih dikenal dengan sebutan C-BEST (Capacity Building in Engineering, Science, and Technology) di Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, secara resmi berakhir.

Perjanjian kerjasama yang dimulai sejak tahun 2015 tersebut ditutup dengan Courtessy Call (Kunjungan Kehormatan) sekaligus membahas hasil akhir proyek pendampingan selama lima tahun. Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan diskusi untuk mendengarkan ide dan gagasan dari kedua belah pihak mengenai harapan kerja sama pada masa mendatang.

Dekan Fakultas Teknik Unhas, Prof. Dr. Ir. Muhammad Arsyad, M.T., menjelaskan bahwa selama pendampingan JICA-CBEST, banyak capaian kerja sama yang didapatkan. Salah satunya dengan mengadakan konferensi internasional dan Inovation Week, hingga pengembangan riset kolaboratif.

“Proyek JICA bersama Fakultas Teknik bertujuan membangun kapasitas. Karena Fakultas Teknik memiliki fasilitas cukup lengkap, sumber daya manusia berkualifikasi doktor hampir 100 orang. Pendampingan JICA membantu kami agar dapat meningkatkan kapasitas dalam bidang keteknikan,“ jelas Prof Arsyad.

Meskipun pendampingan secara resmi telah usai, namun Fakultas Teknik masih mengharapkan ada kelanjutan dari program bersama JICA.

“Kita menyampaikan permintaan pendampingan untuk proyek baru terkait rencana Fakultas Teknik dalam membangun STP (Science Techno Park),” sambung Prof Arsyad.

Beberapa kegiatan C-BEST yang sudah dilakukan yakni hibah penelitian, seminar nasional dan internasional, beasiswa program magister untuk tenang kependidikan, beasiswa program doktor untuk dosen, training pengelolaan COT (Center Of Technology), dan beberapa hasil kerjasama lainnya.

Courtessy Call Akhir Proyek yang dilakukan dua tenaga ahli JICA-CBEST yakni Prof. Yoshihiro Narita (Academic Advisor) dan Mr. Sakae Yamada (Project Coordinator) diterima oleh para Wakil Rektor Unhas. Pertemuan tersebut berlangsung pada Jum’at (3/1) di lantai 3 Gedung Rektorat Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar. *(Humas)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here