Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Mahasiswa Kota Makassar Gelar Grand Final Pemilihan Duta Pelajar Muhammadiyah

0
70
views

Apakabarkampus.com — Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kota Makassar sukses menggelar Grand Final Pemilihan Duta Pelajar Muhammadiyah, Minggu, (19/1).

Grand Final tersebut digelar di Baruga Anging Mammiri dengan dihadiri oleh PJ Walikota yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, PDM Kota Makassar, PD Aisyiyah Kota Makassar, PW IPM Sulsel, Pemuda Kota Makassar, IMM Kota Makassar, KNPI Makassar, Kepala Sekolah dan guru, para orang tua dari finalis, serta IPM se-kota Makassar

Ada 21 finalis yang mewakili dari 13 sekolah Muhammadiyah se-kota Makassar yang telah melewati proses pembekalan atau karantina pada tanggal 13-15 Januari dan di babak semifinal pada 19 Januari telah dilakukan eliminasi yang menghasilkan 10 besar finalis.

Muhammad Ali Mabhan selaku Ketua Umum PD IPM Kota Makassar mengatakan tujuan yang utama Pemilihan Duta Pelajar Muhammadiyah Kota Makassar adalah untuk memilih para pelajar Muhammadiyah yang nantinya akan menjadi role model pelajar Muhammadiyah di Kota Makassar untuk memberikan edukasi serta pemahaman secara praktis kepada para pelajar Muhammadiyah se-Kota Makassar.

“Disisi lain, Duta Pelajar Muhammadiyah diharapkan mampu mengangkat eksistensi serta menyampaikan secara tersirat kepada masyarakat bahwa sekolah Muhammadiyah memiliki pendidikan yang sangat baik, dilihat dari segi akademik maupun soft skill yang ingin diajarkan kepada sluruh pelajar Muhammadiyah,” ujarnya dalam sambutan.

Dikesempatan yang sama, Kepala Bagian Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Makassar, Andi Hidayat dalam sambutannya mampaikan bahwa duta pelajar ini merupakan salah satu ranah kreatifitas pelajar yang harus didukung oleh pihak sekolah di kota Makassar.

“Semoga dengan kegiatan duta ini mampu membawa nilai yang sangat positif untuk seluruh kalangan pelajar saat ini,” harapnya

Dirinya juga mengakui bahwa sekolah Muhammadiyah adalah sarana pendidikan yang telah menerapkan k13 (pendidikan berkarakter) sebelum di keluarkannya kurikulum tersebut.

Dalam pemilihan Duta Pelajar Muhammadiyah ini, mereka mendapatkan satu pertanyaan tentang pandangannya terhadap ekologi, literasi, kebudayaan, ataupun enterpreneur tanpa meninggalkan nilai keislaman.

Pada Grand Final tersebut menghasilkan Duta Pelajar Muhammadiyah Putra dan Putri yakni Ahmad Dani dari SMA Muhammadiyah 2 Makassar dan Andi Gevira Az-zahrah Fikri dari SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar.

Selain itu, Duta Favorite pun diraih oleh Muh. Maulana Al-Fathanah dari SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar yang diperoleh melalui intagram dengan like terbanyak. (*)

*Penulis : Fitaa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here