Sinergitas BKD Prov Sulsel dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov Sulsel, ‘Muluskan Pemusnahan Arsip Kepegawaian’

0
171
views

Apakabarkampus.com — Dalam rangka mewujudkan pengelolaan arsip yang efektif dan akuntabel sebagai bahan akuntabilitas administrasi pemerintahan dan pertanggungjawaban kegiatan kebangsaan serta penyelamatan informasi arsip dari pihak pihak yang tidak berkepentingan dilingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan maka diperlukan penyelenggaraan kearsipan yang berjalan sesuai kaidah-kaidah kearsipan serta mentaati regulasi kearsipan yang berlaku khususnya Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan dan Peraturan Daerah Sulawesi Selatan Nomor 3 Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Kearsipan di Daerah.

Untuk itulah Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Selatan berencana melakukan pemusnahan arsip dinamis in aktif kepegawaian yang ada dilingkungannya. Sebagaimana diketahui bahwa pemusnahan arsip adalah bagian dari Penyusutan yang merupakan salah satu rangkaian dari Daur Hidup Arsip memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan pengelolaan arsip dilingkungan organisasi pencipta arsip.

Bahkan agar lebih terarahnya pelaksanaan pemusnahan arsip ini, beberapa waktu lalu (22/1) bertempat di Ruang Rapat Kepala BKD Prov.SulSel telah dilakukan Rapat Tindak Lanjut Pemusnahan Arsip. Rapat yang langsung dipimpin Kepala BKD Prov.SulSel , H.Asri Sahrun Said didampingi Kepala Bidang Informasi Kepegawaian, Taufik, Sekretaris BKD dan Pejabat Pengawas serta Arsiparis Lingkup BKD SulSel.

Turut hadir dalam rapat ini Aparatur Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Prov.SulSel, yang terdiri dari Pejabat Struktural dan beberapa Pejabat Fungsional Arsiparis. Sementara Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan diwakili Sekretarisnya, turut hadir pula Pejabat dari Biro Hukum Sekretariat Daerah Prov.SulSel.

Kepala BKD SulSel, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas dukungan beberapa pihak khususnya DPK Sulsel yang memberikan perhatian dan kepeduliannya agar terciptanya tata kelola kearsipan yang baik di BKD Prov.SulSel. Dalam sambutannya, mantan Kepala BKD Kabupaten Bantaeng ini memiliki wawasan terkait pelayanan kepegawaian dan kearsipan berbasis IT yang sangat baik dan inovatif. Sempat ada kekhawatiran terkait pemusnahan arsip ini, jangan sampai masih ada yang bernilai guna ikut pula dimusnahkan.

Sesi berikutnya diberikan kesempatan kepada Pihak DPK Prov.SulSel menyampaikan pendapat dan saran terkait pemusnahan arsip ini. Mewakili Kepala Dinas, Kepala Seksi Kajian Kearsipan, Irzal Natsir diawal pembicaraannya didepan Kepala BKD SulSel, menyampaikan permohonan maaf Kepala DPK Prov.SulSel yang sedianya akan hadir, tetapi karena alasan menghadiri kegiatan yang sama pentingnya tidak sempat mengikuti rapat ini dan menugaskan kepada kami mewakili menghadiri rapat tindak lanjut ini.

Masih lanjut Irzal, menyampaikan terima kasih atas perhatian yang luar biasa dari Kepala BKD Prov.SulSel yang sangat mendukung percepatan Tata Kelola Kearsipan yang Baik di BKD.

Pria yang akrab disapa Ical ini memastikan proses pemusnahan arsip ini telah berjalan sesuai prosedur yang berlaku baik berdasarkan PP 28 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan UU Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan dan Peraturan Kepala Arsip Nasional RI Nomor 37 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penyusutan Arsip. Bahkan proses ini tidak serta merta melainkan melalui proses-proses yang panjang, mulai Pembentukan Panitia Penilaian Arsip (PPA) yang melibatkan unsur dari Lembaga Kearsipan, penyeleksian arsip, pembuatan daftar arsip usul musnah, penilaian arsip. Dan saat inipun telah memiliki Surat Persetujuan dari Gubernur Sulawesi Selatan dalam hal Pemusnahan Arsip. Secara otomatis hanya tinggal melaksanakan Pemusnahan Arsip yang sudah tidak bernilai guna . Sesuai Regulasi Pemusnahan Arsip akan melibatkan Pihak Inspektorat Provinsi SulSel dan Biro Hukum SETDA Prov. SulSel, yang mana jadwalnya akan disampaikan pada kesempatan berikutnya oleh pihak BKD.

Menutup, Irzal Natsir menegaskan , untuk tidak mengkhawatirkan pemusnahan arsip ini, karena telah dilaksanakan sesuai prosedur yang berlaku, dan Para Pejabat Fungsional Arsiparis yang dilibatkan telah bekerja secara profesional. Insya Allah Kepala DPK Prov. SulSel akan selalu care dan mensupport penyelenggaraan dan pengelolaan kearsipan di tiap OPD terkhusus BKD Prov.SulSel yang boleh dikata sebagai OPD Pelopor Pemusnahan Arsip di Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, tutup Ical.

Di akhir rapat, Kepala BKD Prov SulSel, mengajak para peserta rapat untuk berkunjung ke ruang Penyimpanan Arsip yang terletak di Lantai 4 Kantor BKD Prov
SulSel. Para Peserta rapat mengaku salut dan bangga kepada BKD Prov.SulSel yang mampu dalam waktu singkat memperbaiki Ruang Penyimpanan Arsipnya, sehingga menjadi Ruang yang Mewah, nyaman dan refresentatif, bahkan didukung oleh Sistem Teknologi Informasi. *(IRZAL NATSIR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here