DPK Salah Satu OPD Andalan di Takalar

0
127
views

Apaabarkampus.com — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Takalar merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) andalan di Kabupaten Takalar yang diharapkan mampu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat.

Pernyataan itu disampaikan Sekda Kabupaten Takalar Drs. H. Arsyad, M.M, saat mewakili Bupati Takalar ketika menerima kunjungan Kadis DPK Provinsi Sulawesi Selatan bersama rombongan di ruang Galeri Setda Kantor Bupati Takalar, Selasa (28/1).

Menurut Arsyad, Takalar ini kabupaten kecil yang IPM nya urutan ke-21 di Sulsel, salah satu penyebab dan permasalahan yang dihadapi adalah masih tingginya angka melek huruf dan angka putus sekolah. Oleh sebab itu hal ini menjadi perhatian kita semua untuk melakukan berbagai upaya untuk mencerdaskan masyarakat melalui peningkatan minat baca, dan ini menjadi bagian tugas dan tanggungjawab DPK.

Oleh karena itu, Sekda Kabupaten Takalar menyambut baik dan sangat mengapresiasi kunjungan kerja Kadis DPK Sulsel bersama rombongan di Kabupaten Takalar.


“Ini merupakan bagian dari motivasi yang perlu dikembangkan sampai di tingkat kabupaten. Karena kunjungan kerja seperti ini akan memberi dampak positif terhadap peningkatan kinerja yang ada di daerah. Sekali-sekali Kadis DPK Takalar juga membawa pejabat dan stafnya kunjungan ke kecamatan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DPK Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan S.H, M.H dalam sambutannya mengatakan bahwa kunjungan kerja ke Kabupaten Takalar ini adalah kunjungan kerja ke 5, setelah Kabupaten Toraja Utara, Tana Toraja, Enrekang dan Gowa. Tujuannya adalah untuk membangun sinergi antara DPK Provinsi dan DPK Kabupaten / Kota khusnya berkait dengan peningkatan dan pengembangan kegiatan dalam bidang perpustakaan dan kearsipan. Apalagi tahun ini merupakan tahun kinerja bagi DPK Sulsel.

Lebih lanjut Hasan menjelaskan, DPK Sulsel memberi perhatian yang cukup besar dalam bidang pembinaan perpustakaan dan kearsipan di Takalar. Pada tahun ini Provinsi memberi bantuan untuk pembangunan Perpustakaan Lorong di delapan titik di Takalar, dan ini akan dibina secara berkelanjutan.
“Perpustakaan Lorong ini, dicetuskan oleh Ibu Gubernur yang juga adalah bunda baca Sulawesi Selatan, dan ini merupakan salah satu program primadonanya,” jelas Hasan.
Berkait dengan pembinaan kearsipan, DPK Provinsi juga akan melaksanakan berbagai kegiatan pembinaan di Takalar.

Pada kesempatan itu Kadis DPK Kabupaten Takalar Darwis, S.Pd, M.M juga melaporkan di Takalar ini jumlah perpustakaanya 469 dan dikelolah sekitar 1.000 orang tenaga pengelola perpustakaan, dan hanya sebagian kecil yang PNS.
Dilaporkan juga bahwa DPK Takalar dalam dua tahun terakhir ini berhasil meraih penghargaan pada beberapa kegiatan lomba yang dilaksanakan DPK Provinsi Sulsel.

Turut mendampingi Sekda Takalar pada penyambutan dan pertemuan dengan Rombongan DPK Sulsel ini, Kepala Dinas Pendidikan Takalar Rusdi, S.E, Kepala Balitbanda Takalar Ahmad Rifai, S.IP, M.Si.
Pertemuan ini juga dihadiri sejumlah penggiat literasi dan calon penerima manfaat delapan titik perpustskaan lorong di Takalar. *(naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here