Tim Beton Lipstik Unifa Meraih Juara 1 Pada Lomba Inovasi Daur Ulang

0
264
views

Apakabarkampus.com— Tim BETON LIPSTIK Universitas Fajar meraih juara 1 pada lomba inovasi daur ulang yang di selenggerakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Sulawesi-Selatan bekerja sama dengan Australian Consulate-General dan IPWI pada 5-9 Februari 2019 di Mall Phini Point Jl. Pabambungan, Makassar Sulawesi Selatan pada Minggu (9/2/2020).

Kegiatan ini merupakan lomba Inovasi Daur Ulang Sampah sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan yang melibatkan beberapa instansi baik pemerintah maupun pemerhati lingkungan sampah plastik.

Karya dari tim BETON LIPSTIK (beton ringan dan beton berongga) ini adalah hasil kaloborasi penelitian antara Dr. Erniati Bachtiar yang meneliti tentang daya lekat agregat LIPSTIK dengan Matriks Beton Ringan,  beton daur ulang limbah plastik oleh Asrar, Arif dan Mustaan, beton plastik dan pasir laut oleh Satrio dan beton berongga oleh Sulfadianto. 

Ketua tim Dr. Erniati Bachtiar, S.T., M.T mengatakan bahwa dia mengikuti lomba inovasi daur ulang ini awalnya mendapatkan informasi dari grop Whatshap kemudian langsung mendaftar karena sudah memiliki tim Limbah Plastik sebelum ada lomba, di antaranya Erniati Bachtiar (Ketua tim), Herwina Rahayu Putri, (Anggota), Rita Hardianti Aris (Anggota) dan Riska Nia Wulandari (Anggota).

“Ketika saya melihat brosur lomba inovasi daur ulang sampah ini, maka saya langsung mendaftar mewakili Fakultas Teknik Universitas Fajar. Karena waktunya singkat sekali, kami daftar hari Selasa, mengirim power point hari Rabu kemudian kami presentasi hari Kamis,” ujar Dr. Erniati Bachtiar., S.T., M.T selaku ketua tim sekaligus sebagai Dekan Fakultas Teknik Unifa.

Dr.Erniati Bachtiar,S.T.,M.T berharap, setelah dinyatakan meraih juara 1 lomba daur ulang ini, agar bisa menyelamatkan bumi dari sampah plastik.

“Saya berharap dengan kegiatan lomba ini kami tim BETON LIPSTIK masih perlu meneruskan agar kedepan ada alat atau mesin bisa mengolah plastik menjadi agregat. Juga berharap agar seluruh masyarakat meminimalkan pemakian plastik demi menyelamatkan bumi tercinta ini,” tutup perempuan yang akrap di sapa Erni.

Salah satu anggota tim, Riska Nia Wulandari yang tergabung dalam tim Beton LIPSTIK mengatakan bahwa dia tergabung dalam tim, awalnya dia mendapatkan informasi dari ketua tim Dr. Erniati.

“Awalnya saya masuk tim karena diajak sama ibu Erni. Dan saya senang sekali setelah tim kami dinyatakan juara 1 karena banyak pengalaman yang diperoleh, selain dari pada hadinya paket Umroh untuk juara 1. Juga kita belajar mengenai sampah agar lingkungan tidak tercemar oleh sampah plastik,” ujar Riska Nia Wulandari salah satu anggota tim. (Rusli Mallatong)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here