Hasan Sijaya: Penyusutan Arsip Jaga Keseimbangan Tata Kelola Kearsipan

0
25
views

Apakabarkampus.com — Arsip memiliki peran penting dan strategis dalam mewujudkan akuntabilitas pada organisasi dan menciptakan keteraturan tugas-tugas administrasi. Untuk itulah perlunya pengelolaan kearsipan yang berdasarkan regulasi , menyesuaikan dengan daur hidup arsip serta kaidah-kaidah kearsipan yang berlaku. Menyikapi hal tersebut diatas pada Rabu (19/2), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penyusutan Arsip Angkatan I.

Bimtek yang dilaksanakan di Hotel Gammara Makassara ini diikuti Kepala Sub Bagian Umum, Arsiparis dan Pengelola Arsip yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang seluruhnya berjumlah 70 orang.

Kepala Bidang Kearsipan selaku Ketua Panitia, Patarai GS, S.Sos, MM dalam laporannya menyampaikan bahwa Bimtek ini bertujuan utk meningkatkan pemahaman para peserta dalam rangka peningkatan kualitas SDM Kearsipan. Pun Bimtek ini akan mendukung implementasi pelaksanaan Instruksi Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Tertib Arsip.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Moh.Hasan, SH, MH dalam sambutannya sebelum membuka Bimtek secara resmi menegaskan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk sinergitas kita dalam memahami Pengelolaan Kearsipan secara baik dan efektif untuk mewujudkan Tertib Arsip di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Harapan kita semua terkhusus kepada Para Kasubag Umum atau Ka. TU dan para Arsiparis jaga arsip kalian, karena arsip sebagai bahan akuntabilitas administrasi pemerintahan, yuuk kelola arsip kita dengan baik ya, dan ingat laksanakan penyusutan arsip tuk menjaga keseimbangan dalam Pengelolaan Kearsipan. Kita berharap kedepan setiap OPD harus memiliki Arsiparis, agar OPD tidak repot dalam mewujudkan Tertib Administrasi di lingkungan masing-masing. Alhamdulillah sampai saat ini kebijakan pemerintah terkait pengangkatan Arsiparis melalui Jalur Inpassing, dan suatu kebahagiaan karena minat ASN untuk menjadi Arsiparis sangat tinggi, Bimtek ini akan dilaksanakan selama 2 hari.
*(IRZAL NATSIR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here