Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Ilmiah Internasional, Ini Penjelasannya

0
75
views

Apakabarkampus – Ide cemerlang FDGBI menjadikan Bahasa Indonesia sebagai salah satu Bahasa Ilmiah Internasional.

Ketua Dewan Professor Universitas Hasanuddin, yang juga menjabat sebagai Ketua Forum Dewan Guru Besar Indonesia (FDGBI), Prof. Dr. Ir. Mursalim, melakukan audiensi di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (PMK) dan Kementerian Luar Negeri, Kamis (27/2).

Kunjungan audiensi delegasi FDGBI ini adalah dalam rangka memperoleh dukungan untuk kegiatan FDGBI mendatang. Menurut rencana, FDGBI akan menggelar Seminar Internasional Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Ilmiah Internasional di Universitas Islam Riau pada bulan April 2020.

Delegasi FDGBI yang turut hadir adalah Ketua Dewan Professor Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Universitas Syiah Kuala, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Islam Riau, dan Universitas Negeri Jakarta.

Seminar Ini diselenggarakan dalam rangka mewujudkan Bahasa Indonesia sebagai salah satu Bahasa Ilmiah Internasional, sebagaimana diputuskan pada Pertemuan Nasional FDGBI di Makassar beberapa waktu lalu, yang diawali dengan Kegiatan Seminar di Universitas Syiah Kuala NAD dan Universitas Negeri Surabaya.

Dalam kunjungan audiensi ke Kementerian Koordinator PMK, delegasi FDGBI diterima oleh Deputi Bidang Pendidikan dan Agama, Prof. Dr. R. Agus Sartono.

Sementara di Kementerian Luar Negeri, delegasi FDGBI diterima oleh Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik, Cecep Herawan.

Ketua Dewan Professor Unhas, Prof. Dr. Ir. Mursalim mengungkapkan kebahagiaannya atas penerimaan dan dukungan yang diperoleh.

“Mudah-mudahan cita-cita kami untuk mewujudkan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Ilmiah Internasional dapat terwujud. Kita awali dengan Seminar Kebahasaan di Riau pada bulan April nanti,” kata Prof. Mursalim.

Ishaq Rahman, AMIPR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here