DPK Sulsel Diharapkan Dukung Percepatan Akselarasi Kemajuan Bidang Perpustakaan dan Kearsipan di Sidrap

0
14
views

Apakabarkampus.com — Bupati Sidrap diwakili Sekretaris Daerah, Sudirman Bungi, S.IP., M.Si mengharapkan dukungan dan supporting dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan dalam rangka melakukan akselarasi dan percepatan pengembangan perpustakaan dan kearsipan di Kabupaten Sidrap agar bisa lebih maju seperti daerah lainnya.

Harapan itu disampaikan Bupati melalui Sekda ketika menerima kunjungan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sulsel bersama rombongan di ruang rapat Bupati Sidrap, Kamis (5/3).

Menurutnya, daerah Sidrap ini dikenal sebagai daerah lumbung pangan di Sulsel dan sebagai penyangga pangan nasional, dan ke depan Bupati juga beropsesi menjadikan daerah Sidrap ini sebagai daeran pendidikan dan daerah pariwisata.

“Untuk mensupport semua itu, maka dibutuhkan perpustakaan yang memadai dan modern di Sidrap,” jelasnya, seraya menambahkan bahwa pihaknya akan menyipkan lokasi untuk pembangunan perpustakaan dimaksud.

Kepala DPK Sulsel Moh. Hasan, S.H., M.H, mendukung dan siap memfasilitasi ke Pusat untuk mendapatkan bantuan dimaksud.

“Silahkan tentukan lokasinya tentunya yang ada alas haknya, siapkanmi cepat proposalnya, provinsi akan fasilitasi ke Pusat, mudah- mudahan di akhir tahun 2021 perpustakan modern yang kita harapkan bisa hadir di Sidrap,” ujar Hasan saat menyampaikan sambutan pada pertemuan yang dipandu Kepala DPK Kabupaten Sidrap, Wahida Alwi, S.P, M.M dan dihadiri sejumlah OPD, pengelola perpustakaan sekolah dan kimunitas penggiat literasi di Sidrap.

Pada kunjungan kerja dalam rangka memperkuat sinergi antara DPK Sulsel dan DPK Sidrap ini, Hasan juga menegaskan bahwa perpustakaan ini sudah menjadi program prioritas nasional, oleh karena itu, dalam rakor Perpustakaan yang dilakukan di Jakarta minggu lalu, Menteri Dalam Negeri menegaskan bahwa perpustakaan ini penting, sehingga jajaran pemerintah mulai dari Gubernur, Bupati sampai ke Kepala Desa diminta untuk memberi perhatian terhadap pembangunan dan pengembangan perpustakaan.

“Perpustakaan itu penting dan satu- satunya cara untuk mencerdaskan anak bangsa ini adalah dengan membaca. Nenek Mallomo juga bisa dikenal sebagai cendekiawan ulung dari daerah Sidrap ini karena dia juga rajin membaca,” imbuhnya.

Menurut salah seorang pengelola perpustakaan sekolah yang hadir dalam pertemuan ini, kehadiran DPK Sulsel di Sidrap ini telah membawa berkah dan mamfaat dan memberi kekuatan spirit bagi pengembangan kearsipan dan perpustakaan dalam rangka mencerdaskan anak bangsa khususnya di Sidrap. * ( naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here