Pemkot Parepare Punya Perhatian Besar dalam Peningkatan Minat Baca Masyarakat

0
23
views

Apakabarampus.com — Walikota Parepare diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Dra. Hj. Amina Amin menerima kunjungan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan bersama rombongan di Ruang Data Kantor Walikota Parepare, Kamis (5/3).

Pertemuan dalam rangka kunjungan kerja untuk meningkatkan sinergi antara DPK Provinsi Sulawesi Selatan dan DPK Kota Parepare ini juga dihadiri Ketua DPRD Kota Parepare yang diwakili Ketua Komisi I Ir. H. Kaharuddin Kadir, M.Si, Kepala DPK Kota Parepare Jumadi M., S.E, M.M, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Dra.Hj. Rostinah, Kabid Pendidikan Dasar, Drs. Hamzah mewakili Kadis Pendidikan, para pengelola perpustakaan SD dan SMP se Kota Parepare, Forum Komunikasi Literasi Kota Parepare.

Dalam sambutan penerimaanya yang dibacakan Asisten I, Walikota Parepare menegaskan bahwa Pemerintah Kota Parepare memberi perhatian besar terhadap peningkatan minat baca masyarakat, dan untuk mewujudkan hal ini peranan perpustakaan terus ditingkatkan.

“Untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, harus rajin membaca,” jelasnya, sembari menambahkan, “Oleh karena itu Pemerintah Kota Parepare terus malakukan penambahan jumlah buku setiap tahunnya, menata dan membenahi perpustakaan yang ada termasuk perpustakaan sekolah, perpustakaan kecamatan dan kelurahan, meningkatakan layanan perpustakaan termasuk perpustakaan keliling agar semua kalangan masyarakat dapat menikmati layanan perpustakaan.

Pemerintah Kota Parepare, menurutnya juga telah mengembangkan Transformasi Layanan Perpustakaan Berbasis Berbasis Inklusi Sosial.

“Selain perpustakaan umum, di Kota Parepare juga ada Taman Baca Syariah, dan ini mungkin satu-satunya di Indonesia,” ujarnya.

Ketua Komisi I DPRD Kota Parepare H. Kaharuddin Kadir juga menambahkan bahwa selain taman syariah yang juga di lengkapi perpustakaan, Pemerintah Kota Parepare juga memprogramkan semua masjid di Parepare harus dilengkapi dengan Perpustakaan.

Menurutnya di luar negeri, terutama di Amerika, ruang publik yang paling banyak dikunjungi adalah perpustakaan, berbeda dengan kita di sini yang paling ramai dikunjungi adalah warkop.
Padahal kalau kita mau maju dan berkembang mestinya masyarakat kita harus rajin membaca, dan ini yang harus menjadi perhatian kita bersama.

Sementara itu kepala DPK Provinsi Moh. Hasan dalam sambutannya menegaskan bahwa Parepare jangan mau kalah hebat perpustakaannya dari perpustakaan daerah lain. Karena Parepare ini Kota Pendidikan, dari sini lahir tokoh nasional bahkan tokoh dunia BJ. Habibi, Kota Parepare juga adalah kota Perdagangan, pelabuhan terbesar juga ada di sini dan menjadi daerah lintasan masuk ke Malaysia dll.

Oleh karena itu perpustakaan yang ada di Parepare harus di tata dengan baik, ruangannya harus nyanan, pelayanannya harus bagus sehingga menarik minat masyarakat untuk berkunjung. *(naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here