DPK Sulsel Gelar Internal Meeting Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

0
8
views

Apakabarkampus.com — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan Internal Meeting Tim Sinergi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, di Gedung Perpustakaan Multimedia, Selasa (10/3).

Kegiatan yang dibuka Kadis DPK Sulsel yang diwakili Sekdis, Mukhlis, S.E, M.M dimaksudkan sebagai upaya untuk memperkuat peran tim sinergi provinsi dalam pelaksanaan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi soalial, yang bertujuan untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat yang berkelanjutan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk menungkatkan kualitas hidup masyarakat.

Tim Sinergi Provinsi yang hadir dalam pertemuan yang digelar per- triwulan tersebur antara lain dari Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), Dinas Pemberdaan Masyarakat dan Desa, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Koperasi dan UKM, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Bagian Perundang-Undangan Biro Hukum, Komunitas Penggiat Literasi dan Fasilitator Provinsi dari DPK Sulsel.

Dalam kegiatan internal meeting ini dibahas berbagai hal terkait dengan pengembangan kegiatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dan penguatan peran dari masing-masing anggota tim sinergi.

Penguatan peran tim sinergi ini antara lain dalam bidang, regulasi, penganggaran, pelibatan masyarakat melalui jalinan kemitraan dan penguatan jejaring serta advokasi.

Dalam pertemuan internal meeting tersebut juga terungkap bahwa, pada tahun ini jumlah reflikasi kabupaten dan desa penerima manfaat dari Perpusnas akan bertambah, yang sebelumnya pada tahu 2019 lalu hanya 3 kabupaten dan 17 desa, pada tahun 2020 ini Sulsel kemungkinan akan mendapatkan 4 kabupaten penerima manfaat. Di samping itu DPK Provinsi Sulsel juga mempunyai reflikasi mandiri di 45 desa di beberapa kabupaten di Sulsel.

“Dari beberapa provinsi yang saya dampingi, baru Sulsel ini yang sudah melakukan reflikasi mandiri,” ujar Gutriyana konsultan pusat yang turut hadir dalam internal meeting ini bersama A. Gusnaningsih konsultan provinsi untuk Sulawesi Selatan, Gorontalo dan Sulawesi Utara. * (naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here